Implementasi Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Fikih Tahun 2019/2020 Di MAN 2 Kudus

Aprilia, Fadhila (2019) Implementasi Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Fikih Tahun 2019/2020 Di MAN 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Mengetahui keterlaksanaan atau implementasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus, (2) Mengetahui faktor pendukung implementasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus. (3) Mengetahui faktor penghambat implementasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive research. Teknik dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini akan mendapatkan data yang lengkap yaitu data primer dan data sekunder, di mana data primer yang didapat melalui wawancara dengan waka kurikulum dan pendidik mata pelajaran Fikih. Sedangkan data sekunder mendukung data primer didapat melalui observasi dan dokumentasi soal-soal HOTS Fikih. Subyek penelitian ini adalah waka kurikulum dan pendidik mata pelajaran Fikih. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tringulasi sumber dan teknik untuk menguji validitas data. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implemenasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus yang meliputi menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi sudah diterapkan pada seluruh peserta didik. Langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS yang dilakukan oleh pendidik mata pelajatan Fikih di MAN 2 Kudus: Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS, Menyusun kisi-kisi soal, Memilih stimulus, Menulis butir, Membuat pedoman penskoran (2) Faktor pendukung implementasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus meliputi intruksi dari pemerintah, dukungan dari dinas pendidikan dan kepala sekolah, pemahaman pendidik terkait implementasi soal berbasis HOTS, madrasah unggulan. (3) Faktor penghambat implementasi penyusunan soal berbasis HOTS pada mapel Fikih di MAN 2 Kudus meliputi: pendidik kesulitan untuk menentukan stimulus yang lebih memudahkan peserta didik, siswa kelas X siswa belum terbiasa mengerjakan soal berbasis HOTS maka dari itu pendidik di kelas X lebih ekstra keras untuk membiasakan, untuk mengunakan soal berbasis HOTS terlebih dahulu pendidik juga harus menggunakan pembelajaran HOTS sehingga terjadi kesinambungan, LKS masih menggunakan acuan yang lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills, Fikih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:12
Last Modified: 21 Sep 2021 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item