Pengaruh Kepribadian Yang Berpengetahuan Entrepreneurship dan Motivasi Berentrepreneur Terhadap Minat Islamicpreneurship (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus)

Fathmah, Siti (2021) Pengaruh Kepribadian Yang Berpengetahuan Entrepreneurship dan Motivasi Berentrepreneur Terhadap Minat Islamicpreneurship (Studi pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Minat berwirausaha secara Islam (Islamicpreneurship) berperan sangat penting dalam kehidupan mahasiswa dan mempunyai dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Seseorang dikatakan memiliki minat Islamicpreneurship yang tinggi dapat dilihat dari berbagai aspek seperti watak, sifat maupun kebiasaan yang dilakukan sesuai dengan koridor bisnis Islam.. Berdasarkan observasi awal jumlah pengangguran tahun 2020 meningkat drastis. Salah satu hal yang memicu permasalahan tersebut yaitu minat Islamicpreneurship mahasiswa FEBI IAIN Kudus masih rendah, berkemungkinan mahasiswa melakukan aktivitas wirausaha tidak berdasarkan pada prinsip etika bisnis islam sehingga dapat memungkinkan terjadinya usaha yang jalan di tempat atau tidak berkembang. Diduga hal ini dipengaruhi oleh kepribadian, pengetahuan entrepreneurship dan motivasi entrepreneur dalam lingkup syariah yang peranannya dapat meningkatkan minat Islamicpreneurship. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menguji secara empiris pengaruh kepribadian, pengetahuan entrepreneurship dan motivasi entrepreneur terhadap minat Islamicpreneurship. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.674 mahasiswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling purposive dengan melihat tabel Isac dan Michael dengan nilai signifikansi 10 % sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu 234 mahasiswa. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan angket yang disebar melalui google form. Data diuji menggunakan SmartPLS 3.0 dengan 2 model pengukuran yaitu Outer Model dan Inner model. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan melihat nilai P-Values. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepribadian mempunyai pengaruh yang positif terhadap motivasi entrepreneur dengan nilai P-Values 0,031 < 0,05. Pengetahuan Entrepreneurship mempunyai pengaruh yang positif terhadap Motivasi Entrepreneur dengan nilai P-Values 0,014 < 0,05. Kepribadian mempunyai pengaruh yang positif terhadap Minat Islamicpreneurship dengan nilai P-Values 0,005 < 0,05. Pengetahuan entrepreneurship mempunyai pengaruh yang positif terhadap minat islamicpreneurship dengan nilai P-Values 0,023 < 0,05 dan motivasi entrepreneur mempunyai pengaruh yang positif terhadap Minat Islamicpreneurship dengan nilai P-Values 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepribadian dan pengetahuan entrepreneurship berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung malalui motivasi entrepreneur terhadap minat Islamicpreneurship mahasiswa FEBI IAIN Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Pengetahuan Entrepreneurship, Motivasi Entrepreneur, dan Minat Islamicpreneurship
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Bisnis > Manajemen > Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:48
Last Modified: 23 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item