Analisis Pendampingan Orang Tua Dalam Memotivasi Siswa Belajar Dari Rumah Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020

Nisa’, Fatmalian (2021) Analisis Pendampingan Orang Tua Dalam Memotivasi Siswa Belajar Dari Rumah Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (107kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (179kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pendampingan orang tua dalam memotivasi siswa belajar dari rumah pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar siswa di rumah pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara guru fiqih, orang tua siswa, siswa, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendampingan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di rumah sudah dilkakukan dengan baik. Pendampingan tersebut dilakukan dengan cara menyediakan fasilitas belajar untuk memperlancar pembelajaran berupa handphone untuk mengakses video-video pembelajaran fiqih. Kedua mengawasi kegiatan belajar anak dirumah. Ketiga mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah. Keempat mengawasi dan menolong anak dalam mengatasi kesulitan dalam belajar sehingga anak termotivasi untuk tetap giat mengerjakan tugas dan semangat belajar. 2) Tingkat motivasi belajar siswa di rumah pada mata pelajaran fiqih dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan kuatnya kemauan siswa untuk belajar, kedua lebih senang mengerjakan tugas secara mandiri seperti pembelajaran fiqih jika belum paham siswa memutar video di youtobe yang sesuai dengan materi yang diberikan guru sehingga siswa termotivasi belajar. Ketiga keuletan dalam menghadapi kesulitan siswa tidak mudah putus asa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua, Motivasi, Belajar Dari Rumah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:18
Last Modified: 14 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item