Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Iii Di Mi Nu Nurul Haq Prambatan Kidul

Kholifah, Ummi (2021) Implementasi Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Iii Di Mi Nu Nurul Haq Prambatan Kidul. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (182kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Metode resitasi merupakan pembelajaran dengan sistem pemberian tugas kepada siswa, dengan aturan boleh dikerjakan dimana saja asal tugas-tugas dapat terselesaikan. Dengan hal ini, guru mampu menerapkan metode pembelajaran, memilih metode pembelajaran guru harus menyesuaikan kondisi siswa. Penggunaan metode dalam proses pembelajaran bertujuan terciptanya suatu pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan Penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlokasi di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul. Adapun sumber datanya yaitu guru akidah akhlak dan 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun temuan penelitian ini adalah 1) penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu guru memberikan tugas kepada peserta didik berupa tes dan non tes melalui WA group yang beranggotakan orang tua peserta didik, guru kelas dan guru akidah akhlak. Siswa dalam mengumpulkan tugas langsung ke sekolahan sesuai jam mata pelajarannya. 2) Hasil belajar siswa setelah penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu siswa kurang aktif, siswa masih ada yang mendapatkan nilai di bawah KKM dan masih ada yang belum bisa memahami tugas dari guru siswa dalam mengerjakan tugas masih ada yang dibantu oleh orang tuanya dengan adanya tugas berikutnya siswa bisa memahami tugas dari guru serta mengerjakanya sendiri tanpa dibantu orang tuanya sehingga nilai siswa meningkat sehingga semua siswa mendapatkan nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Resitasi, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:03
Last Modified: 19 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5476

Actions (login required)

View Item View Item