Ta’tsir istikhdam tariqahal hiwar ‘alaa maharah al kalam fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah ladaay al thulaab fii al shafi al tsaamin bi madrasah al thaanawiyah Yanbu’ul Qur'an Banat 2 Muria biqudus al’am al dirasii 2019M

Munanzah, Ulfa (2019) Ta’tsir istikhdam tariqahal hiwar ‘alaa maharah al kalam fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah ladaay al thulaab fii al shafi al tsaamin bi madrasah al thaanawiyah Yanbu’ul Qur'an Banat 2 Muria biqudus al’am al dirasii 2019M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (848kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (771kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (890kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (888kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui penggunaan Metode hiwar di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus tahun pelajaran 2019?, 2) Untuk mengetahui prestasi kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas VIII di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus tahun pelajaran 2019?, 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode hiwar terhadap kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa arab kelas VIII di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus tahun pelajaran 2019?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus yaitu kelas VIII A, B, C dan D. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan angket, tes, yang diperkuat dengan metode observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa 1) Penggunaan metode hiwar dalam pelajaran bahasa arab di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus sudah berjalan sesuai teori dan memunculkan keterampilan siswa. Dalam hal ini dapat diketahui penggunaan metode hiwar dalam kegiatan belajar mengajar dapat menunjukkan hasil yang baik dengan kategori “Baik” yaitu sebesar 48,06 dan nilai tersebut termasuk pada rentang interval 48-55. 2) Kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas VIII di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus hasil yang baik dengan kategori “cukup” yaitu sebesar 47,9 dan nilai tersebut termasuk pada rentang interval 42-48. 3) Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. dilakukan pengujian hubungan kausal dengan cara membandingkan F hitung dengan nilai F tabel. Dengan taraf signifikan 5% pada F table dengan N=100 adalah 3,94 dan F hitung sebesar 63,72 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung>Ftabel (63,72> 3,94)Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Hiwar Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Yanbu’ul Qur’an Putri 2 Muria Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Metode Hiwar, Kemampuan berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:18
Last Modified: 19 Oct 2021 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5480

Actions (login required)

View Item View Item