Nihayah, Ulin (2017) PRAKSIS PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH (STUDI KAJIAN MANAJEMEN DI SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA). Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu tujuan dari pendidikan Islam adalah pembentukan akhlak mulia (akhlaqul karimah) Tujuan ini merupakan tujuan yang paling dasar dari segala tujuan pendidikan Islam. Serta tujuan pendidikan Islam yang paling tinggi nilainya adalah membentuk manusia berakhlak mulia. Sehingga bisa dipahami bahwa eksistensi pendidikan akhlak karimah dalam perspektif Islam sangat tinggi kedudukannya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Praksis Pembinaan Akhlaqul Karimah di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, (2) Bagaimana Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Pembinaan Akhlaqul Karimah di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data, serta menggunakan uji keabsahan data melalui kredebilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas, seteleh itu data yang ada dianalisis memakai analisa secara kualitatif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama: Praksis pembinaan akhlaqul karimah di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Azhar 26 Yogyakarta didasarkan pada latar belakang: karena dilandasi keprihatinan adanya krisis akhlaqul karimah di kalangan generasi muda, sehingga dibutuhkan penanaman dan pembinaan akhlak karimah secara serius dan berkelanjutan, SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta memandang pentingnya pembiasaan akhlaqul karimah sejak dini, dan setelah siswa terbiasa dengan akhlak karimah dalam kehidupan mereka diharapkan ketika tumbuh dewasa, anak tersebut nantinya mampu menjalani kehidupannya sesuai dengan ajaran dan aturan agamanya dengan benar sekaligus mampu memberi contoh kepada generasi sesudahnya. Kedua, faktor pendukung, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, Penyusunan pedoman tentang penanaman nilai-nilai akhlak karimah dalam kehidupan sekolah, integrasi pembiasaan akhlak dalam kegiatan PBM dan kegiatan ekstrakurikuler, dan sosialisasi pembiasaan nilai-nilai akhlak karimah dalam kehidupan sekolah kepada semua warga sekolah yang dirancang dengan matang, serta dukungan dari semua warga sekolah, dukungan yang positif serta konkret dari orang tua siswa (jam’iyyah), masyarakat di lingkungan sekolah, serta instansi pendidikan di Kota Yogyakarta. Sedangkan hambatannya adalah dari faktor internal adalah kendala dalam menyiapkan guru yang kompeten dan dari faktor eksternal siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praksis Pembinaan Akhlaqul Karimah; Manajemen |
Subjects: | 200 Agama Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 05:24 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 05:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/551 |
Actions (login required)
View Item |