Implementasi Kompetensi Profesional Guru Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Nihlah, Silviyana Sailin (2021) Implementasi Kompetensi Profesional Guru Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kompetensi profesional guru fiqh Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus (2) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang mengambil data secara mendalam tentang keadaan yang terjadi ditempat penelitian. Pendekatan yang dilakukan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Fiqh, Siswa kelas XI. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru fiqh Kelas XI di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus cukup baik yakni dalam penyampaian materi, menggunaan metode dan juga penggunaan media pembelajaran, termasuk juga dalam pemberian tugas semuanya sesuai dengan RPP, tetapi masih perlu ditingkatkan lagi pada pengelolaan kelas, penguasaan metode pembelajaran dan juga media pembelajaran supaya bisa disesuaikan dengan materi yang disampaikan dan lebih kreatif lagi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas. (2) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa tergolong cukup baik dalam penggunaan metode pembelajaran dan untuk meningkatkan minat belajar siswa guru memberikan pertanyaan kepada siswa dan juga memeberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Guru sebaiknya memahami dan mengetahui berbagai macam metode dalam mengajar Fiqh agar dapat menyesuaikan dengan situasi yang dihadapi oleh siswa. Dan juga penggunaan metode harus di sesuaikan dengan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:35
Last Modified: 22 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item