Konsep Pendidikan Budi Pekerti Peserta Didik dalam Asuhan Guru (Analisis Pemikiran Ki Hajar Dewantara)

Nisa’, Fitri Yatun (2021) Konsep Pendidikan Budi Pekerti Peserta Didik dalam Asuhan Guru (Analisis Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (803kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (697kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal paling dasar yang dilalui oleh seseorang untuk sarana membangun individu yang mempunyai intelektual, skill, dan passion yang lebih baik. secara garis besar pendidikan tidak hanya mengembangkan kecerdasan, tetapi dapat menciptakan individu yang mempunyai akhlak dan berbudi pekerti luhur. Perihal pendidikan budi pekerti, sekolah mempunyai tanggung jawab besar akan hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yang menginginkan pesertadidik yang tidak hanya berilmu, namun menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia juga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi pustaka atau library research (penelitian berdasarkan dokumentasi) yaitu penelitian yang berbentuk kajian teoritis terhadap pemikiran karya seseorang berupa dokumentasi. Penelitian ini termasuk ketegori karya ilmiah dengan menggunakan pendekatan historis, filosofis, dan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu teknik credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (objektivitas). Kemudian teknik analisis data yang yang digunakan yaitu teknik content analysis (analisis isi) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Pada penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis pemikiran Ki Hajar Dewantara karena tujuan dari penelitian ini adalah untu mengetahui cara guru dalam mengasuh peserta didik berdasarkan semboyan Ki Hajar Dewantara. Pada penelitian ini menghasilkan konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara untuk membentuk budi pekerti peserta didik berdasarkan semboyan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, dan tut wuri handayani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Budi Pekerti
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:07
Last Modified: 02 Nov 2021 07:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5620

Actions (login required)

View Item View Item