Pembelajaran Matematika Reflektif Tingkat SMP Pada Masa Pandemi Covid-19

Sari, Chandri Vidya (2021) Pembelajaran Matematika Reflektif Tingkat SMP Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (748kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (590kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Menjelaskan pembelajaran dengan orientasi berpikir reflektif matematis di SMPN 1 Bae Kudus pada masa pandemi, (2) Menjelaskan faktor penghambat dan pendukukung dalam mengatasi masalah berpikir reflektif pada pembelajaran matematika di saat pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara umum dan etnografi secara khusus. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru, peserta didik, dan wali murid. Observasi dilakukan dengan pengamatan proses pembelajaran matematika reflektif di sekolah dan rumah peserta didik. Dokumentasi dengan pengambilan data dokumen berupa file RPP reflektif, lembar kerja, hasil lembar kerja, serta data diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan analisis yaitu: Reduksi data dengan memfokuskan hal pokok, yaitu: penerapan pembelajaran matematika reflektif menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp, pendampingan yang dilakukan keluarga pada peserta didik, kemudian penyajian data, berupa proses penerapan pembelajaran matematika reflektif yang semula offline bergeser menjadi online. Lalu verifikasi data,yaitu bagaimana pembelajaran reflektif matematika secara online memberi dampak bagi peserta didik dalam kemampuan berpikir peserta didik. Pembelajaran matematika reflektif yang diterapkan memberi dampak yang berbeda bagi pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika reflektif saat pandemi dipersiapkan dengan pembuatan RPP reflektif, persiapan video pembelajaran serta lembar kerja yang sesuai materi dan target pembelajaran. Pada pelaksanaannya guru menggunakan whatsapp dan zoom untuk memberi impuls kepada peserta didik agar dapat berpikir kritis serta menyampaikan gagasan gagasan yang mereka miliki dihadapan teman teman mereka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan berpikir peserta didik meningkat dan selama prosesnya peserta didik menjadi lebih responsif dan mau untuk lebih berkompetisi selama pembelajaran. Faktor penghambat dari berfikir reflektif saat pandemi yaitu kurangnya fasilitas internet maupun gadget yang memadai, selain itu juga ada faktor pendukung seperti dukungan dari orang orang di sekitar peserta didik serta semangat belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Reflektif, Matematika, Pendampingan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:03
Last Modified: 08 Nov 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item