Fatkhiyati, Naily (2021) Pengaruh Sistem Shift Terhadap Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hikmah Tumpangkrasak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover-kata pengantar.pdf Download (585kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (321kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (645kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (275kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (601kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (325kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem shift dalam pembelajaran dan mengetahui pengaruh sistem shift terhadap efektivitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hikmah Tumpangkrasak. TPQ Nurul Hikmah Tumpangkrasak menerapkan sistem shift sebagai solusi pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Adanya perubahan rombongan belajar dan jam belajar yang berpengaruh pada efektivitas pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, dokumentasi, wawancara dengan kepala TPQ Nurul Hikmah, dan menggunakan angket dengan jumlah sampel responden 8 ustadz/ustadzah dan 83 siswa TPQ Nurul Hikmah Tumpangkrasak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan regresi linier sederhana, Uji T, dan nilai R2. Pelaksanaan sistem shift di TPQ Nurul Hikmah terbagi menjadi dua shift yaitu shift 1 pada hari Senin, Selasa, dan Rabu dan shift 2 pada hari Kamis, Sabtu, dan Ahad. Proses pembelajaran di TPQ Nurul Hikmah menerapkan protokol kesehatan diantaranya seperti: memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah pembelajaran, menjaga jarak selama proses pembelajaran. Berdasarkan persamaan regresi Y=17,572+0,641X nilai konstantanya sebesar 17,527, artinya saat pelaksanaan sistem shift maka efektivitas pembelajaran memiliki nilai17,527. Nilai positif yang terdapat pada koefisien regresi variabel bebas (penerapan sistem shift) menggabarkan arah hubungan antara penerapan sistem shift dan efektivitas pembelajaran adalah searah, dimana setiap kenaikan satu satuan variabel penerapan sistem shift akan menyebabkan kenaikan efektivitas pembelajaran sebesar 0,641. Hasil uji t sebesar 8,758 > t-tabel (1,98638) sehingga ada pengaruh antara penerapan sistem shift terhadap efektivitas pembelajaran. Besarnya pengaruh 0,680 dan signifikan karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Sehingga semakin tinggi sistem shift diterapkan akan berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hikmah Tumpangkrasak. Selain itu, hasil perhitungan koefisien determinan (r2) dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan sistem shift terhadap efektivitas pembelajaran Al-Qur’an sebesar 46% dan 54% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Shift, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:26 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5746 |
Actions (login required)
View Item |