Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan

Lidiawati, Lilik Sinta (2021) Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (403kB)
[img] Text
4. bab I.pdf

Download (724kB)
[img] Text
5. bab II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
6. bab III.pdf

Download (646kB)
[img] Text
7. bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. bab v.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Classrrom di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. (3) untuk mengatahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fiqih di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo, Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menekankan pada analisis data-data numerical (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistic sehingga diperoleh signifikansi hubungan atau pengaruh antar variable yang diteliti. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Teknik angket (kuesioner) sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga Langkah. Pertama, yaitu analisis pendahuluan, Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian dengan cara memasukan hasil pengolahan data angket responden ke dalam tabel distribusi frekuensi. Kedua, analisis uji hipotesis dengan cara analisis regresi yang bertujuan untuk menunjukan besar pengaruh antara variable (X) dengan variable (Y). ketiga, Langkah akhir dalam analisis data ini adalah analisis lanjut mengenai hipotesis dengan menggunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Ditunjukan oleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,944 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,891 atau 89,1%. Nilai F hitung sebesar 56,663 dan F tabel sebesar 3,99. Karena nilai 56,663 > 3,99 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Google Classroom Terhadap Prestasi belajar siswa di Mts Puteri Sunniyyah Selo Tawangharjo Grobogan. Konstribusi pengaruh variable penggunaan Google Classroom sebesar 89,1 % terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan sisanya 10,9% adalah pengaruh variable lain yang tidak diteliti oleh peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:48
Last Modified: 11 Nov 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item