The Representation of Culture and Intercultural Competence in the Textbook “Bahasa Inggris” for the Twelfth Grade

Nuralim, Ahmad (2021) The Representation of Culture and Intercultural Competence in the Textbook “Bahasa Inggris” for the Twelfth Grade. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Pengantar.pdf

Download (545kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (807kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (931kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (941kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (920kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (981kB)

Abstract

Buku teks merupakan sarana penting untuk menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Keberadaan unsur budaya dalam buku ajar dianggap penting untuk menunjang kompetensi antar budaya karena penguasaan bahasa Inggris tidak cukup tanpa kompetensi antar budaya, namun tidak semua buku ajar memenuhi hal tersebut, sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis isi yang ada di dalam buku teks bahasa Inggris. Peneliti memilih salah satu buku teks bahasa Inggris yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yaitu buku teks berjudul “Bahasa Inggris” edisi revisi 2018 untuk kelas dua belas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan juga menggunakan teknik analisis isi. Peneliti menggunakan beberapa teori untuk menganalisis buku teks tersebut. Pertama, peneliti menggunakan teori Xiao untuk menganalisis tema budaya, Kedua, peneliti menggunakan teori Cortazzi dan Jin untuk menganalisis jenis budaya. Ketiga, peneliti menggunakan teori Byram untuk menganalisis kompetensi antar budaya dalam buku teks. Peneliti telah menemukan konten budaya direpresentasikan dalam beberapa tema yaitu budaya ‘C’ besar dan ‘c’ kecil, dan juga telah menemukan representasi dari 3 jenis budaya yaitu budaya sumber/lokal, budaya target, dan budaya internasional. Kompetensi antar budaya juga telah ditemukan dalam bentuk gambar, teks, dan tugas. Kompetensi ini termasuk pengetahuan, keterampilan dan sikap. Tema budaya yang ditampilkan dalam buku teks didominasi oleh tema pendidikan yang merupakan bagian dari budaya ‘C’ besar dengan frekuensi sebanyak 12 kali tampilan atau 21%, diikuti oleh tema gaya hidup budaya yang merupakan bagian dari little 'c' dengan frekuensi 9 tampilan atau 16%, maka jenis budaya yang direpresentasikan dalam konten didominasi oleh budaya sumber/budaya lokal yang muncul sebanyak 23 tampilan atau 41%. Sedangkan hasil kompetensi antar budaya menunjukkan bahwa kategori keterampilan didominasi dengan frekuensi sebanyak 89 tampilan atau 53% dengan rincian 49 keterampilan menginterpretasikan dan berhubungan, dan 40 tampilan, keterampilan penemuan dan interaksi. Kemudian diikuti oleh pengetahuan 48 tampilan atau 29%, sikap 30 tampilan atau 18%, tetapi kesadaran budaya kritis tidak ditemukan, sehingga persentasenya 0%. Isi budaya yang direpresentasikan dalam buku teks sebagian besar mengadopsi budaya lokal Indonesia, dan buku teks tersebut telah memenuhi kategori kompetensi yang disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, meskipun belum memenuhi kategori kompetensi antar budaya yang dikonsep oleh Byram karena tidak adanya kategori kesadaran kritis pada materi tugas di buku teks tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: culture, language, intercultural competences
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:00
Last Modified: 15 Nov 2021 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item