Qawim, Muhammad Mihtarul (2021) Pembelajaran Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus dan Relevansinya dengan Karakter Santri. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (711kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (766kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (417kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus. Subjek penelitiannya yaitu pengasuh pondok, pengampu pembelajaran, serta santri Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan datadilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Adapun analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus, antara lain yaitu yang pertama persiapan, yang kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran, dalam pelaksanaannya, pembelajaran terdapat dua tahapan utama, yaitu tahap pendahuluan dan tahap inti. Dan yang terakhir penutup, dalam tahapan penutup ini pengampu memberikan kesimpulan tentang materi yang telah dijelaskan pada pertemuan tersebut dan menjelaskan tentang materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam Kitab Bidayatul Hidayah yaitu nilai pendidikan karakter terhadap Allah, yang ditujukan kepada seorang murid dalam mencari ilmu. Contohnya seperti, seorang murid harus mempunyai niat baik dalam mencari ilmu selain itu juga harus mempunyai karakter untuk setiap saat selalu mengingat Allah. Yang kedua, nilai pendidikan karakter terhadap sesama mempunyai beberapa nilai pendidikan karakter yang komprehensif, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat. Dan yang ketiga, nilai pendidikan karakter terhadap diri sendiri tentang penggunaan waktu dengan baik serta efisien, dan karakter pribadi untuk menjauhi larangan-larangan Allah. (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy, untuk penanaman nilai-nilai akhlak kepada santri, pengampu menggunakan metode ceramah dan memberi contoh secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak perilaku santri yang menunjukkan telah menerapkan beberapa nilai akhlak yang terdapat dalam Kitab Bidayatul Hidayah, khususnya yaitu akhlak ketika dengan Allah, akhlak ketika dengan guru dan akhlak terhadap kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Kitab Bidayatul Hidayah, Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:06 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5875 |
Actions (login required)
View Item |