Chomsiyah, Lupi (2021) Penerapan Program Adiwiyata dalam Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (462kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (582kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (706kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (910kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (374kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan penerapan program adiwiyata dalam peningkatan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, 2) untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat penerapan program adiwiyata dalam peningkatan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yaitu MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengikuti model Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan program adiwiyata dalam peningkatan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak dilakukan dengan melalui internalisasi nilai karakter peduli lingkungan. Adapun dalam menginternalisasikan nilai karakter peduli lingkungan tersebut, dapat dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu berupa transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Transformasi nilai (pemahaman secara kognitif) dilaksanakan melalui integrasi pembelajaran lingkungan hidup di setiap mata pelajaran. Setelah diberikan pengetahuan, peserta didik diwajibkan untuk dapat menggambarkan, menyampaikan dan mengaplikasikan nilai-nilai yang sudah dipahami dalam kehidupan sehari-hari atau tahap transaksi nilai. Kemudian, nilai karakter peduli lingkungan tersebut diterapkan melalui pembiasaan dan keteladanan (transinternalisasi nilai). Kedua, faktor pendukung berasal dari lingkungan, guru, partisipasi peserta didik, dukungan penuh dari komite dan instansi madrasah, kurikulum yang sudah termodifikasi dengan pendidikan lingkungan, dan fasilitas sarana prasarana. Sedangkan, faktor penghambat berasal dari kondisi peserta didik, kurangnya pengetahuan guru, minimnya dana dan lingkungan luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, dan Peserta Didik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5876 |
Actions (login required)
View Item |