Izza, Fitria Nalal (2021) Penerapan Metode Tebak Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A di RA Sirojul Huda Gabus Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (400kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (859kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (411kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (550kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (463kB) |
Abstract
Skripsi dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tebak gambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia dini, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tebak gambar, dan mengetahui keberhasilan penerapan metode tebak gambar kelompok A di RA Sirojul Huda Gabus Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti juga menggunakan jenis. Penelitian ini adalah studi kasus yang termasuk dalam lingkungan penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala sekolah, pendidik dan anak didik sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen lembaga. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) cara guru menggunakan model pembelajaran yang akan diterapkan saat mengajar untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran. Dalam mengajarkan kemapuan berbahasa, guru di Ra Sirojul Huda menggunakan metode tebak gambar. Karena kemampuan bahasa anak yang masih kurang sehingga guru selalu menanmkan hal-hal yang mampu membuat anak menjadi berkembang sesuai dengan pembelajaran yang di gemari anak yaitu belajar sambal bermain. Metode tebak gambar merupakan salah satu model pembelajaran yang menarik untuk anak, dengan menggunakan metode tebak gambar dalam kemampuan berbahasa, selain itu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak, dan meningkatkan imajinasi anak . Permainan tebak gambar bukan sekedar bermain, tetapi dalam permainan ini anak-anak juga belajar. Permasalahan lain yang ditemui peneliti dilapangan tentang proses pembelajaran bahasa adalah kurangnya alat peraga yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Melalui penelitian ini peneliti mencarikan suatu solusi terhadap permasalahan pembelajaran bahasa di RA Sirojul Huda yaitu melalui permainan tebak gambar. Adapun permainan tebak gambar dapat meningkatkan bahasa anak, karena dengan permainan ini anak diharapkan berani bercerita sesuai dengan gambar yang sudah ada. Hendaknya dengan adanya permainan ini dapat memberikan peningkatan terhadap perkembangan bahasa anak di RA Sirojul Huda Gabus Pati. Penggunaan metode tebak gambar untuk meningkatkan kemampuan Bahasa anak kelompok A di RA Sirojul Huda Gabus Pati berjalan dengan lancar dikarnakan metode tebak gambar adalah pengadaan sebuah aktivitas yang menyalurkan energi dengan berbagai aturan yang harus diikuti oleh para peserta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tebak Gambar, Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 03:35 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 03:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |