Rokib, Ahmad (2021) Musykilat Ta'lim Al Lughah Al Arabiyah Fi Maharah Al Qira'ah Ladaiya Ath Thullab Al Fashl As Sabi' Al Madrasah Al Mutawasithah Al Islamiyah As Sidah Kudus Al 'Amu Ad Dirasi 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (955kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (412kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (759kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (576kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (613kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (321kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) |
Abstract
Tujuan dari penyusunan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan membaca (Maharoh Qira’ah) siswa kelas VII di MTs As Sidah Kudus tahun ajaran 2020/2021. 2) Mengetahui problematika pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan membaca (Maharoh Qira’ah) siswa kelas VII di MTs As Sidah Kudus tahun ajaran 2020/2021. 3) Mengetahui solusi problematika pembelajaran Bahasa Arab pada keterampilan membaca (Maharoh Qira’ah) siswa kelas VII di MTs As Sidah Kudus tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fenomena dan menganalisis data yang ada. Dengan subjek adalah kepala madrasah, guru pelajaran Bahasa Arab, dan siswa. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Maret - April 2021. Peneliti juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melaksanakan validasi data melalui teknik triangulasi data dan sumber rujukan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran Bahasa Arab pada Maharah Qira’ah. Sebagai berikut: Guru mengucapkan salam dan memerintahkan siswa untuk mengawali pembelajaran dengan do’a. Guru mengabsen menanyakan kabar hari ini. Guru memotivasi untuk selalu giat dalam pembelajaran. Guru memberikan materi tentang Bahasa Arab pada Maharah Qira’ah. Guru membaca teks Arab terlebih dahulu, dan kemudian diikuti oleh siswa. Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca teks berbaha Arab dalam bukunya, dan yang lainnya mendengarkan. Guru menanyakan kepada siswanya mengenai materi pelajaran yang sulit. Guru menjelaskan kepada siswa yang kesulitan memahami materi yang mereka pelajari. Guru memberikan evaluasi kepada siswa tentang materi yang telah diajarkan. Guru memberikan tugas tambahan bagi siswa untuk dikerjakan di rumah dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. Guru membaca do’a agar apa yang dipelajari dapat bermanfaat. Guru mengucapkan salam. 2) Peneliti membagi problematika menjadi dua, yaitu: Pertama, Problematika Linguistik: Pengucapan teks Arab tidak lancar. Menghiraukan sebagian kata pada teks bacaan. Lemahnya memahami teks bacaan Bahasa Arab. Kedua, Problematiaka Non Linguistik: Latar belakang siswa yang berbeda. Lemahnya minat dan motivasi membaca siswa. Pelaksaan pembelajaran dikelas yang kurang maksimal. Pengelolaan Kelas yang kurang kondusif. Alokasi waktu. 3) Solusi, metode, dan upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengatasi masalah pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan membaca. Berikut: Pertama, Solusi Problematika Linguistik: Pembiasaan untuk membaca teks Arab. Bertanya kepada guru. Kedua, Solusi Problematika Non Linguistik: Motivasi pada awal pendidikan. Menggunakan mode dan media yang beragam. Perencanaan dan evaluasi. Membuat kelompok belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Bahasa Arab, Keterampilan Membaca (Maharoh Qira’ah) |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 03:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 03:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5995 |
Actions (login required)
View Item |