Penggunaan Media YouTube Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Qurban Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Utami, Ema Nur Fadlilah (2021) Penggunaan Media YouTube Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Qurban Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Bagian Awal.pdf

Download (822kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibantu oleh penggunaan media berupa video materi pembelajaran dari YouTube. Penggunaan video sangat cocok bila digunakan dalam pembelajaran fiqih, karena dalam pembelajaran fiqih terdapat fenomena-fenomena yang akan lebih menarik jika disajikan dalam media berbentuk video. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah penggunaan media YouTube dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran fiqih materi qurban di madrasah Tsanawiyah kelas IX? (2) Bagaimana upaya mengatasi hambatan-hambatan dalam penggunaan media YouTube pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran fiqih materi qurban di madrasah Tsanawiyah kelas IX ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah penggunaan media YouTube dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran fiqih materi qurban di madrasah Tsanawiyah kelas IX. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam penggunaan media YouTube dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran fiqih materi qurban di madrasah Tsanawiyah kelas IX. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif dengan data yang berasal dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), dan sebagainya. Berikutnya adalah aktifitas analisis data berupa reduksi data, klasifikasi data, dan penyajian data. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Langkah penggunaan media YouTube sebagai media pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan membuat akun Google dan akun YouTube, membuat channel di YouTube, mengunggah, kemudian mengaktifkan kolom komentar. Setelah itu, dengan bantuan media WhatsApp Group, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dan membagikan link dari video YouTube yang dapat diakses oleh siswa. (2) Hambatan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh menggunakan media YouTube adalah satu perangkat untuk beberapa siswa; menggunakan atau memilih provider yang kualitas sinyal internetnya paling baik di daerah tersebut; membuat atau mengunggah video dengan durasi dan resolusi yang paling efisien; agar siswa tidak bosan, video dibuat semenarik mungkin oleh guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media YouTube, Pembelajaran Jarak Jauh, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:01
Last Modified: 03 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item