Wachid, Much. Abdul (2021) Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Media Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (769kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (402kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (669kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (645kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (318kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: (1) Untuk mengetahui manajemen Masjid sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus (2) Untuk mengetahui konsep penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui manajemen Masjid sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter manajemen Masjid sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuanya menggunakan purposive sampling, informan dari penelitian ini yaitu, waka kurikulum sekolah, pengelola Masjid sekolah dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Manajemen Masjid sekolah sebagai pendidikan karakter peserta didik MTs Negeri 1 Kudus, memerlukan manajemen yang baik dengan memilih progam-progam kegiatan yang positif dan relevan. (2) Penanaman nilai karakter melalui manajemen Masjid sekolah di MTs Negeri 1 Kudus, implementasinya meliputi: Sholat dhuha, sholat dzuhur berjama’ah, tadarus, membaca asmaul husna, rebana. (3) Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter manajemen Masjid sekolah di MTs Negeri 1 Kudus, yaitu: Faktor pendukung penanaman nilai-nilai karakter melalui manajemen Masjid sekolah adalah: a) Pendidik sangat inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi; b) Mudah untuk dilakukan, karena pendidik hanya mengamati dan menemukan perilaku negatif atau kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik; c) Pendidik dapat melakukan upaya perbaikan terhadap perilaku negatif ataupun kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik; d) Tidak perlu menggunakan instrument. Faktor penghambat penanaman nilai-nilai karakter melalui manajemen Masjid sekolah: a) Memerlukan banyak waktu; b) Minimnya pengawasan dan susahnya mengatur peserta didik; c) Tidak ada rekam jejak hasil penilaian; d) Ketercapaian keberhasilan tiap peserta didik tidak dapat diketahui.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Masjid Sekolah, Pendidikan Karakter dan Faktor Pendukung dan Penghambat |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:23 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 02:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6035 |
Actions (login required)
View Item |