Azizah, Lilis Noor (2021) Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Siswa Mts. Tarbiyatul Banin Banat Desa Alasdowo Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (403kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (343kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (452kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (117kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Sikap toleransi merupakan salah satu sikap sosial yang sangat penting ditanamkan kepada siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi juuga membangun karakter. Sikap toleransi merupakan sifat atau sikap (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan lain sebagainya yang berbeda dengan pendiriannya sendiri. Pembentukan sikap toleransi ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1)Untuk mengetahui peran guru IPS dalam merancang program pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap toleransi pada siswa MTs. Tarbiyatul Banin Banat. 2)Untuk mengetahui peran guru IPS dalam melaksanakan program pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap toleransi pada siswa MTs. Tarbiyatul Banin Banat. 3)Untuk mengetahui peran guru IPS dalam mengevaluasi program pembelajaran IPS yang mampu membentuk sikap toleransi pada siswa MTs. Tarbiyatul Banin Banat. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan data dengan menggunakan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah penelitian atau analisa data yang di lakukan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru dalam membentuk sikap toleransi siswa MTs. Tarbiyatul Banin Banat Alasdowo dilakukan melalui tahap perencanaan yaitu mengintegrasikan perangkat pembelajaran RPP mata pelajaran IPS kelas VII dengan nilai toleransi. Diaktualisasikan melalui tahap pelaksanaan yaitu menjalankan apa yang telah tertulis di dalam RPP guna melakukan pembiasaan sikap disiplin siswa. Diakhiri dengan tahap evaluasi yaitu penilaian terhadap sikap disiplin peserta didik melalui penilaian afektif. Dan didukung dengan adanya upaya keteladanan oleh guru IPS, meliputi sikap toleransi menghargai perbedaan dan bersikap adil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi, IPS, Guru |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 03:23 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 03:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6071 |
Actions (login required)
View Item |