Iswara, Danny (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TA’LIMUL MUTA’ALLIM MELALUI KITAB HIDAYATUL MUTA’ALLIM DI MTS TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses pembelajaran muatan lokal Ta’limul Muta’allim melalui kitab Hidayatul Muta’allim di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat yang dialami dalam pembelajaran muatan lokal Ta’limul Muta’allim melalui kitab Hidayatul Muta’allim di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah observasi kondisi lingkungan, kegiatan pembelajaran Ta’limul Muta’allim yang materi pembelajarannya menggunakan kitab Hidayatul Muta’allim. Kemudian interview (wawancara) terhadap kepala sekolah, guru mata pelajaran dan peserta didik terkait mata pelajaran Ta’limul Muta’allim. Analisis data pada penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana tujuan pembelajaran yaitu tercapainya perubahan perilaku pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dan mengambil data dengan mengamati bagaimana pelaksanaan pembelajaran dikelas. Adapun temuan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran muatan lokal Ta’lim Muta’allim di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Willaung Gajah Demak menggunakan metode, yaitu seperti metode bandongan, metode sorogan dan metode tanya jawab. Menggunakan bahan ajar kitab Hidayatul Muta’allim dimana di dalam kitab tersebut sama halnya dengan kitab Ta’lim Muta’allim pada umumnya hanya saja dalam kitab Hidayatul Muta’allim berbentuk nadhoman dan lebih rinci. Menggunakan pendekatan emosional dengan tujuan agar materi yang disampikan dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga akhirnya guru Ta’lim Muta’allim memberikan evaluasi dalam pembelajaran Ta’lim Muta’allim dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman siswa dalam belajar Ta’lim Muta’allim dengan menggunakan kitab Hidayatul Muta’allim. Dengan adanya pembelajaran muatan lokal Ta’lim Muta’allim melalui kitab Hidayatul Muta’allim diharapkan dapat memberikan nilai moral yang tinggi sehingga menjadikan siswa lebih dapat menghargai perbedaan tingkat antara siswa dan guru. Sehingga perilaku siswa terhadap guru dapat dibedakan dengan perilaku siswa terhadap sesama siswanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Muatan Lokal Ta’lim Muta’allim Melalui Kitab Hidayatul Muta’allim |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Feb 2017 03:07 |
Last Modified: | 18 Feb 2017 03:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
View Item |