Peran Pendampingan Orang Tua dalam Masa Belajar di Rumah untuk Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Anak Usia Golden Age dalam Belajar dan Bermain

Sulindayanti, Sulindayanti (2021) Peran Pendampingan Orang Tua dalam Masa Belajar di Rumah untuk Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Anak Usia Golden Age dalam Belajar dan Bermain. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf

Download (897kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Munculnya pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan berubah, salah satunya yaitu pada sektor pendidikan,. Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring (dalam jaringan).. Dalam penelitian ini, penulis ingin mendapatkan gambaran secara komprehensif tentang bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia dini kelompok B di TK HWK Jurang Gebog Kudus Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di TK HWK Jurang Gebog Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data terhadap data yang berhasil dikumpulkan serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendampingan orang tua dalam masa belajar di rumah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab anak usia golden age di TK HWK ( Himpunan Wanita Karya) Jurang Gebog Kudus. Untuk mengetahui dampak dalam pendampingan orang tua dalam masa belajar anak di rumah pada TK HWK ( Himpunan Wanita Karya) Jurang Gebog Kudus. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penulis mampu mengetahui bentuk pendampingan dalam belajar dan bermain yang di berikan oleh orang tua pada masa pembelajaran daring saat ini yaitu bentuk pendampingan sebagai orang tua (2) penulis mampu mengetahui cara orang tua menumbuhkan tanggung jawab pada anak usia golden age.(3) penulis mampu mengetahui dampak positive dan negative yang terjadi pada saat orang tua memberikan pendampingan kepada anak usia golden age dalam masa belajar di rumah. Diantara dampak negative yang terjadi pada orang tua dalam memberikan pendampingan pada anak usia golden age adalah setiap akan belajar anak, kurangnya pengetahuan orang tua tentang materi,. Sedangkan dampak positive yang terjadi pada pembelajaran daring yaitu dapat mendekatkn hubunganantara orang tua dengan anak, dapat mengetahui secara langsung perkembangan anak, dapat mengakses materi dari guru setiap saat, dan orang tua terlibat langsung dalam mendampingi anak untuk belajar secara aktif. Sedangkan dampak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Pendampingan Orangtua, Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab, Belajar Dan Bermain
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:41
Last Modified: 22 Dec 2021 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item