Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Membentuk Akhlak Terpuji Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati

Diana, Siti Nusroh Wafik (2021) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Membentuk Akhlak Terpuji Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (777kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui akhlak siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab. (2) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning untuk membentuk akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab. (3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dalam model pembelajaran problem based learning untuk membentuk akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII, siswa/siswi kelas VIII. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) akhlak terpuji siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning terhadap akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab masih kurang maksimal dan siswa belum bisa aktif saat pembelajaran serta akhlak terpuji siswa masih rendah. (2) implementasi model pembelajaran problem based learning terhadap akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab sudah terlaksana dengan baik dan siswa merasa senang serta bisa aktif dalam pembelajaran, siswa lebih paham dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, karena siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan akhlak terpuji siswa sehingga siswa memberi solusi ketika diberi permasalahan mengenai akhlak terpuji. (3) kelebihan dan kekurangan yang ada dalam model pembelajaran problem based learning terhadap akhlak terpuji siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Miftahut Thullab yakni siswa tidak hanya bisa memahami isi materi pelajaran saja, melainkan siswa di sajikan oleh guru dengan masalah-masalah dan di kaitkan dengan kehidupan nyata dan peserta didik di tuntut untuk aktif dan bisa memecahkan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Akhlak Terpuji Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:01
Last Modified: 10 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item