Zahro, Niswatun (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Proses Belajar Mengajar Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Bawu Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (446kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (525kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (220kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (742kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (200kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan, kebijakan atau program, serta upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar guru pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Bawu Batealit Jepara. Jenis penelitian ini adalah Field Research (studi penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan studi langsung ke lapangan terhadap beberapa subyek diantaranya yaitu kepala sekolah dan pendidik atau guru di SDN 1 Bawu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar guru pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Bawu yaitu adanya peran EMASLIM (educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator). Peran educator kepala sekolah SDN 1 Bawu dimasa pandemi yakni memberikan contoh dan edukasi seperti tepat waktu dalam proses pembelajaran daring. Peran manager kepala sekolah yakni memberikan layanan serta memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk mengikuti webinar. Peran administrator kepala sekolah yakni ikut menyiapkan perangkat pembelajaran dan memberikan pelaporan kepada pihak-pihak yang terkait. Peran supervisor kepala sekolah yakni memantau kegiatan guru dalam proses pembelajaran daring di grup WhatsApp kelas. Peran leader kepala sekolah yakni memberikan contoh dan arahan yang tepat kepada guru dalam proses pembelajaran daring. Peran inovator kepala sekolah yakni menyarankan serta mengajak guru untuk mengikuti kiat-kiat terbaik dalam proses pembelajaran dimasa pandemi. Peran motivator kepala sekolah yakni memberikan semangat dan motivasi kepada guru untuk selalu ikhlas dalam menjalankan tugas dimasa pandemi. (2) Kebijakan atau program kepala sekolah dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar guru pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Bawu yaitu memberikan bantuan berupa kuota gratis kepada guru dan peserta didik melalui dana BOS, melaksanakan home visit kepada siswa yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring, dan ikut serta bergabung dalam grup WhatsApp kelas dari kelas I-VI untuk memantau proses belajar daring antara guru dan peserta didik. (3) Upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan proses belajar mengajar guru pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Bawu diantaranya adalah kepala sekolah selalu mengawasi guru baik secara luring maupun daring dalam melaksanakan tugas seperti pada saat proses pembelajaran daring berlangsung via whatsapp, memperbolehkan siswa untuk masuk sekolah dengan memberikan pembelajaran tambahan mengenai materi-materi yang belum dipahami dengan cara merolling atau bergantian tiap siswa pada hari-hari yang ditentukan dengan jumlah kelompok yang sangat dibatasi serta mematuhi protokol kesehatan secara ketat, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti webinar mengenai pembelajaran jarak jauh atau daring di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Proses Belajar Mengajar Guru, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6421 |
Actions (login required)
View Item |