Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 2 Bojonegoro

Silviana, Siti Hilda (2021) Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 2 Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (909kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (429kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (676kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk akhlakul karimah melalui mata pelajaran akidah akhlak siswa di MTsN 2 Bojonegoro. Adapun rumusan masalah yang diambil oleh peneliti yaitu, Bagaimana upaya guru dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau yang biasa disebut field research. Peneliti melakukan pengamatan langsung dan melihat secara nyata bagaimana upaya guru dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro. Peneliti mengungkap apa yang ada di dalam sekolah secara fakta dan juga melalui wawancara dengan beberapa narasumber yang ada. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Dimana peneliti mendeskripsikan tentang upaya guru dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan, 1) Upaya guru dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro menekankan akidah pada siswa, menerapkan kedisiplinan pada siswa, memberikan contoh berpenampilan yang baik, dan membiasakan bertutur kata yang baik. 2) Faktor pendukung dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro rasa tanggung jawab guru, kemauan siswa itu sendiri, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat dalam membentuk akhlakul karimah siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Bojonegoro kurangnya perhatian keluarga, lingkungan masyarakat, dan pengaruh teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Akhlakul Karimah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:39
Last Modified: 26 Jan 2022 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item View Item