Minat Siswa pada Variasi Video Pembelajaran pada Materi Evolusi Kelas XII MIA di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso

Listianingsih, Indah (2021) Minat Siswa pada Variasi Video Pembelajaran pada Materi Evolusi Kelas XII MIA di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Kehadiran video pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan minat siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa video yang digunakan kurang menarik, sehingga diperlukan pembuatan dan pengembangan video yang dapat menarik minat siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan terkait produk variasi video pembelajaran pada materi evolusi untuk menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk variasi video pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakannya, dan mengetahui minat siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Riset and Development atau R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji coba survei. Teknik Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-3 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Karakteristik video pertama lebih bervariasi yaitu terdapat kuis, kombinasi animasi, gambar, font, background, dan backsound yang menarik. Sedangkan video kedua lebih sederhana, sedikit gambar, dan banyak tulisan. 2) Video pertama “Sangat Valid” dalam aspek media dan materi dengan nilai berturut-turut 95% dan 94,45%, sedangkan video kedua “Cukup Valid” dalam aspek media dengan nilai 85% dan “Sangat Valid” dalam aspek materi dengan nilai 87,8%. Adapun video pertama dan video kedua juga termasuk dalam kategori “Praktis” dengan nilai persentase berturut-turut 77,73% dan 69,73%. 3) Minat siswa terhadap variasi video pembelajaran materi evolusi lebih condong pada video pertama. Video pertama mendapatkan nilai persentase 78,9% dengan kategori “Baik” dan video kedua mendapat nilai 61,16% dengan kategori “Cukup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat, Video pembelajaran, Evolusi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:01
Last Modified: 27 Jan 2022 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item