Listianingsih, Indah (2021) Minat Siswa pada Variasi Video Pembelajaran pada Materi Evolusi Kelas XII MIA di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Troso. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (390kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (636kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (402kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (299kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (407kB) |
Abstract
Kehadiran video pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat meningkatkan minat siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa video yang digunakan kurang menarik, sehingga diperlukan pembuatan dan pengembangan video yang dapat menarik minat siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan terkait produk variasi video pembelajaran pada materi evolusi untuk menarik minat siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk variasi video pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakannya, dan mengetahui minat siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Riset and Development atau R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji coba survei. Teknik Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA-3 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Karakteristik video pertama lebih bervariasi yaitu terdapat kuis, kombinasi animasi, gambar, font, background, dan backsound yang menarik. Sedangkan video kedua lebih sederhana, sedikit gambar, dan banyak tulisan. 2) Video pertama “Sangat Valid” dalam aspek media dan materi dengan nilai berturut-turut 95% dan 94,45%, sedangkan video kedua “Cukup Valid” dalam aspek media dengan nilai 85% dan “Sangat Valid” dalam aspek materi dengan nilai 87,8%. Adapun video pertama dan video kedua juga termasuk dalam kategori “Praktis” dengan nilai persentase berturut-turut 77,73% dan 69,73%. 3) Minat siswa terhadap variasi video pembelajaran materi evolusi lebih condong pada video pertama. Video pertama mendapatkan nilai persentase 78,9% dengan kategori “Baik” dan video kedua mendapat nilai 61,16% dengan kategori “Cukup
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Video pembelajaran, Evolusi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 03:01 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 03:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6571 |
Actions (login required)
View Item |