Maunah, Alil (2021) Implementasi Metode Guide Reading dan Retelling dalam Pembelajaran SKI Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Peserta Didik di MTs. Negeri 1 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (645kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (808kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (483kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (848kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (216kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
Abstract
Metode guide reading dan retelling merupakan metode panduan membaca dalam pembelajaran SKI dengan menggunakan materi bacaan SKI yang disertai dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik, dilanjutkan peserta didik berusaha untuk menceritakan kembali apa yang sudah dipahami dalam bacaan materi SKI dengan menggunakan bahasa sendiri. Implementasi metode guide reading dan retelling dikaitkan dengan upaya menumbuhkan budaya literasi bagi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang mengarah pada kemampuan untuk memahami, meneliti dan menerapkan materi SKI yang telah dipelajari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kudus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru SKI, guru wali kelas, dan perwakilan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabahan data dengan meningkatkan ketekukan dan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode guide reading dan retelling dalam pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Kudus ada beberapa tahapan yaitu: tahap persiapan atau perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian atau evaluasi. (2) upaya menumbuhkan budaya literasi membaca khususnya pada materi SKI mengharuskan guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik. Upaya tersebut dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap pembelajaran, tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. (3) Beberapa faktor pendukung penerapan metode guide reading dan retelling dalam pembelajaran SKI diantaranya yaitu: Kemampuan guru, Keaktifan peserta didik, Ketersediaan bahan bacaan, Ketersediaan waktu pembelajaran, Keberanian peserta didik dalam menyampaikan pendapat, Kemampuan guru memanajemen kelas. Hambatannya antara lain yaitu: Waktu pembelajaran SKI yang singkat, Masih ada peserta didik kurang percaya diri melakukan presentasi, Buku referensi yang masih kurang bervariasi. Upaya mengatasi hambatan dilakukan dengan: Memberikan penugasan peserta didik di luar jam KBM untuk belajar mandiri di rumah untuk membaca materi SKI, Memotivasi peserta didik agar berani menyampaikan pendapatnya, Madrasah menambah koleksi buku terbaru dan bervariasi, agar peserta didik tertarik untuk membaca buku. Selain itu, peserta didik diharapkan mau mencari referensi lain melalui internet maupun buku-buku lain yang menunjang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Guide Reading dan Retelling, Budaya Literasi dan Mata Pelajaran SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 04:32 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 04:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6656 |
Actions (login required)
View Item |