Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus

Shinta, Liftifa Ulfiya (2021) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Kedisiplinan belajar adalah perilaku atau sikap siswa dalam proses belajar dengan taat, tertib, dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku disertai dengan rasa penuh tanggung jawab. Dengan kedisiplinan belajar individu mampu memahami kelebihan dan kekurangan dirinya sehingga dapat mengoptimalkan belajar dengan taat, patuh, dan tanggung jawab serta dapat memotivasi diri untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. 3) Mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X di MA NU Raudlatus Shibyan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah survey (survey research). Populasi seluruh siswa kelas X MA NU Raudlatus Shibyan yaitu 85. Pengambilan sampel dari seluruh populasi yaitu 85. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, tes ulangan harian, observasi, dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis regresi linier sederhana, korelasi Product Moment, analisis uji F, dan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Kedisiplinan belajar siswa kelas X MA NU Raudlatus Shibyan kategori baik rata-rata 82,12. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas X MA NU Raudlatus Shibyan kategori baik rata-rata 84,35. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas X MA NU Raudlatus Shibyan. Diperoleh Ŷ = 24,967 + 0,723X nilai r_hitung (0,839) > r_tabel (0,213) yang menunjukkan korelasi positif dan dalam kategori korelasi yang sangat kuat. Nilai 〖 F〗_hitung (196,566) > F_tabel (3,96) artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, dan Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:42
Last Modified: 10 Mar 2022 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6735

Actions (login required)

View Item View Item