PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI SISWA INTROVERT PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DI SMK TERPADU HADZIQIYYAH GEMIRING LOR NALUMSARI JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016

IRFAUNAH, ANIK (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI SISWA INTROVERT PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DI SMK TERPADU HADZIQIYYAH GEMIRING LOR NALUMSARI JEPARA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1Cover.pdf

Download (489kB)
[img] Text
2Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
3Daftar Isi.pdf

Download (22kB)
[img] Text
4Bab1.pdf

Download (35kB)
[img] Text
5Bab2.pdf

Download (184kB)
[img] Text
6Bab3.pdf

Download (50kB)
[img] Text
7Bab4.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8Bab5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
9Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran PAI di SMK Terpadu Hadziqiyyah terkadang ada siswa yang aktif dan ada juga siswa yang kurang aktif dan lebih cenderung pendiam ketika pembelajaran sehingga hal ini lah yang melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Siswa Introvert pada Mata Pelajaran PAI dengan Pendekatan Behavioristik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menguraikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa menjadi introvert pada mata pelajaran PAI di SMK Terpadu Hadziqiyyah Gemiring Lor Nalumsari Jepara. (2) Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani siswa introvert pada mata pelajaran PAI melalui pendekatan behavioristik di SMK Terpadu Hadziqiyyah Gemiring Lor Nalumsari Jepara Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan pengecekan data. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, faktor-faktor yang menyebabkan siswa introvert yaitu: faktor bawaan atau genetik, kepribadian yang cenderung kaku, rasa tidak percaya diri atau merasa minder, memilki gangguan emosional. Kedua, peran guru PAI dalam menangani siswa introvert peran guru PAI dalam menangani siswa introvert mempunyai peranan yang sangat berarti dalam membentuk karakter peserta didik, peran guru PAI sebagai pembimbing, sebagai uswah atau tauladan dan juga sebagai motivator. Pendekatan yang dilakukan yaitu melalui pendekatan behavioristik yaitu pendekatan yang lebih mengarah kepada pendekatan tingkah laku dengan menggunakan langkah desensitasi sistematik, dan pembentukan perilaku model. Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberikan kontribusi, bagi sekolah terutama bagi kepala sekolah, guru dan siswa sehingga peran guru pendidikan agama Islam dalam menangani siswa introvert pada mata pelajaran PAI melalui pendekatan behavioristik dapat mengubah kepribadian siswa sesuai dengan yang diharapkan dan berkepribadian yang luhur. Kata Kunci : Pembelajaran PAI, Pendekatan Behavioristik, Peran Guru PAI, Siswa Introvert

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Pendekatan Behavioristik; Peran Guru PAI; Siswa Introvert
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2017 05:25
Last Modified: 18 Feb 2017 05:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item