Lestari, Arum Indah (2021) Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Membentuk Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VI di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (177kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (324kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (181kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Membentuk Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VI di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020. (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Membentuk Kepribadian Islami Pada Siswa Kelas VI di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap fokus penelitian di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan kurikulum muatan lokal baca tulis Al-Qur’an dalam membentuk kepribadian Islami pada siswa kelas VI di MI NU Roudlotul Wildan, dilatar belakangi oleh karakteristik sekolah yang berbasis madrasah sehingga menerapkan mata pelajaran baca tulis Al-qur’an karena kebutuhan peserta didik yang tidak semuanya mengikuti pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Kondisi pembentukan kepribadian Islami pada siswa kelas VI dilakukan dengan cara membiasakan dan memberikan contoh yang baik kepada siswa agar terbiasa di dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pelaksanaan kurikulum muatan lokal baca tulis Al-Qur’an dalam membentuk kepribadian Islami pada siswa kelas VI, meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan muatan lokal baca tulis Al-Qur’an dalam membentuk kepribadian Islami pada siswa kelas VI di MI NU Roudlotul Wildan diantaranya semangat peserta didik, guru yang berpengalaman dan wali murid yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat yang meliputi kemampuan siswa yang berbeda-beda, pengaruh dari lingkungan masyarakat yang kurang baik dan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Muatan Lokal, Baca Tulis Al-Qur’an, Kepribadian Islami |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 02:59 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 02:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6777 |
Actions (login required)
View Item |