Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Akhlak Karya Syaikh Muhammad Syakir Dalam Kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna

Azizah, Siti Nur (2022) Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Akhlak Karya Syaikh Muhammad Syakir Dalam Kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (617kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (683kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak anak dalam keluarga dan relevansi pemikiran pendidikan akhlak anak dalam keluarga pada masa sekarang menurut kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ karya Syaikh Muhammad Syakir, pada bab hak-hak kedua orang tua. Penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pokok-pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini sering disebut dengan kajian pustaka (literature review). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yakni kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ yang diperkuat oleh buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam, serta dari berbagai bacaan buku dan jurnal yang terkait. Teknik analisis data menggunakan metode hermeneutic dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Syaikh Muhammad Syakir berorientasi pada pendidikan akhlak anak, yang mana pendidikan tersebut diterapkan dalam keluarga, sebab keluarga merupakan lembaga yang sangat berpengaruh besar terhadap pendidikan akhlak anak. Metode yang diterapkan Syaikh Muhammad Syakir dalam mendidik anak yaitu: metode nasihat, keteladanan, pembiasaan, dan targhib wa tarhib. Upaya pertama melalui pembentukan akhlak yang baik pada anak dengan metode pembiasaan dan metode keteladanan, seperti membiasakan untuk menghormati orang tua, saling menyayangi, serta meneladani bentuk itsar orang tua. Upaya kedua adalah perbaikan akhlak pada anak melalui metode nasihat dan metode targhib wa tarhib, seperti memberi nasihat untuk selalu taat kepada kedua orang tua dan berjanji tidak membuat marah orang tua. Oleh karena itu pemikiran Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab Washoya Al Aba’ Lil Abna’ melalui metode-metode tersebut relevan dalam menumbuhkan, mendidik dan memperbaiki akhlak pada anak dimasa sekarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran, Pendidikan Akhlak Anak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2022 02:08
Last Modified: 21 Mar 2022 02:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6867

Actions (login required)

View Item View Item