Khaqiqi, Kharisma Noor (2022) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V Di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (550kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (873kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (958kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (298kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
Permasalahan pemahaman siswa dapat ditingkatkan diantaranya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau langkah-langkah yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dapat mendorong minat siswa. Metode pembelajaran mind mapping adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang banyak memuat hukum-hukum bacaan seperti hukum mim sukun yang ada didalam ayat-ayat al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa antara kelas yang menggunakan metode mind mapping dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan bentuk true experimental design. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan postest only. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Responden penelitian ini berjumlah 45 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 74 dalam interval (69-79) tergolong sedang, dan pemahaman siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 88 dalam interval (84-93) tergolong tinggi. Untuk pengujian signifikansi hipotesis deskriptif diperoleh x^2 hitung sebesar 9,3384 dibandingkan dengan x^2 tabel 5% adalah 7,815 sehingga x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (9,3384 > 7,815), maka H_o ditolak dan H_a diterima maka dapat dinyatakan “pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V menggunkan metode mind mapping di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus memiliki kategori yang berbeda”. Untuk pengujian signifikansi hipotesis komparatif diperoleh x^2 hitung sebesar 7,436 dibandingkan dengan x^2 tabel 5% adalah 3,841 sehingga x^2 hitung lebih besar dari x^2 tabel (7,436 > 3,841), maka H_o ditolak dan H_a diterima dan dapat dinyatakan bahwa “terdapat pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V di MI NU Khurriyatul Fikri Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping; Pemahaman Siswa; Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 02:59 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 02:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6888 |
Actions (login required)
View Item |