Faiq, Rifqi Nor (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V MI NU Basyirul Anam Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (617kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (448kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (651kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (352kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
Abstract
IPA merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala yang dapat dirumuskan kebenarannya secara empiris. Kesulitan belajar IPA yang dialami siswa disebabkan karena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Seorang guru perlu mengetahui kesulitan siswa dalam belajar IPA dan perlu juga mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya sehingga guru dapat memberikan upaya atau cara-cara untuk mengatasi kesulitan belajar siswa tersebut dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mata pelajaran (2) faktor kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mata pelajaran (3) upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar mata pelajaran. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jenis kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mata pelajaran IPA adalah kesulitan dalam memahami dan mengingat istilah-istilah asing, dan kesulitan dalam pemahaman konsep. 2) Faktor yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA ini dibedakan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Sementara itu faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orangtua terhadap kegiatan belajar siswa, pengaruh teman bermain, pengaruh media massa, metode yang monoton dan media/alat pembelajaran yang kurang menarik, dan sarana penunjang pembelajaran yang terbatas. 3) Upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar mata pelajaran IPA melalui beberapa langkah yaitu, mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan pengamatan, melokalisasi letak kesulitan belajar siswa berupa kesulitan tentang pemahaman konsep dan istilah asing, menentukan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dimana terdapat 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, menetapkan kemungkinan cara mengatasinya yaitu dengan cara memberikan program remidial, dan tindak lanjut pelaksanaan program remedial yang dilaksanakan pada hari selasa setelah pulang sekolah diruang kelas V
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesulitan Belajar, IPA |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 08:37 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 08:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6919 |
Actions (login required)
View Item |