Penerapan Life Skill di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus dalam Pembelajaran dari Rumah Selama Masa Pandemi

Ardianingtias, Dita Trivia (2022) Penerapan Life Skill di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus dalam Pembelajaran dari Rumah Selama Masa Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04.BAB 1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (976kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (245kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)

Abstract

Pembelajaran tentang life skill selama ini kurang menjadi perhatian orang tua karena orang tua banyak menyerahkan pembelajaran pada guru di sekolah. Dengan adanya pandemi, maka pembelajaran harus dilakukan dari rumah. Peran orang tua menjadi sangat penting karena menjadi pendamping utama belajar anak-anak di rumah. Sejatinya anak usia dini memiliki sikap yang ingin banyak mengetahui sesuatu, karena sikap anak usia dini masih mencontoh atau meniru sesuai dengan apa yang dilihatnya. Anak usia dini harus diberi bekal Life Skill sejak dini agar anak siap menghadapi permasalahan di masa depan, maka anak nantinya dapat memiliki kemandirian untuk dirinya sendiri dan tidak selalu bergantung dengan orang tua. Penelitian ini memiliki tujuan untuk lebih memahami penerapan Life Skillpada anak dalam pembelajaran di rumah selama masa pandemi dan faktor-faktor apa yang menjadi pendukung sekaligus penghambat penerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitan kualitatif merupakan rangkaian kegiatan untuk mendapatkan data atau informasi yang bersifat obyektif. Saya meneliti 3 orang tua siswa dan 3 anak yang menerapkan pembelajaran tentang life skill di rumah selama masa pandemi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan pengujian keabsahan data melalui data perpanjangan data, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Setelah itu, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan life skill meliputi kegiatan menyapu, mengepel, merapikan tempat tidur, membersihkan meja, membuat teh, dan mencuci baju, diawali dengan anak diberi penjelasan tentang manfaat, pemberian contoh, dan pengerjaaan secara bersama-sama. Orang tua memuji ketika anak mau melakukannya dan tidak memaksa ketika anak sedang enggan melakukan, maupun ketika hasilnya tidak sempurna. Faktor pendukung penerapan life skill dalam pembelajaran dari Rumah pada masa pandemi ini adalah adanya dukungan dan komitmen dari orang tua untuk sabar membimbing putra-putrinya menyelesaikan tugas pembelajaran dari sekolah berupa “Melakukan Pekerjaan Rumah Bersama Keluarga.” Dukungan dan komitmen itu berupa pujian dan tidak memaksa anak, serta mengerjakan secara bersama-sama, sehingga anak merasa didampingi, tidak sendirian, ada contoh yang jelas. Minat anak untuk melakukan kegiatan pekerjaan rumah pun menjadi tumbuh. Faktor penghambatnya yaitu adanya keterbatasan waktu dari orang tua yang bekerja, sehingga ada yang dikerjakan hanya ketika akhir minggu saja. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan life skill bisa dilakukan oleh orang tua selama masa pandemi dengan pendampingan yang menekankan pada kesabaran, komunikasi positif, contoh, dan dilakukan secara bersama-sama sehingga minat anak akan tumbuh untuk melakukan kegiatan berupa life skill sejak dini, untuk menumbuhkan jiwa mandiri dan tanggung jawab yang berguna kelak jika dia dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Life Skill, Pandemi, Kemandirian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 May 2022 02:17
Last Modified: 12 May 2022 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6978

Actions (login required)

View Item View Item