Analisis Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus

Alfiyanto, Andrie (2022) Analisis Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (185kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus 2) implementasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan 3) evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan yang dilakukan adalah meningkatkan ketekunan, Triangulasi, dan Member check. Kemudian dalam analisis data, menggunakan teknik model analisis interaktif, yaitu:reduction, data display, dan verification data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan terdiri dari dari beberapa proses yaitu a) mengadakan rapat evaluasi kurikulum yang digunakan tahun sebelumnya; b) membentuk tim pengembang kurikulum; c) Penyusunan perangkat pembelajaran. 2) Pengimplementasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan terdiri dari: a) setiap guru sebelum mengimplementasikan kurikulum terlebih dahulu menjabarkan kurikulum yang sudah ada kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); b) mempersiapkan bahan ajar, media dan metode yang akan digunakan dalam proses pembelajaran; c) melaksanakan proses pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai keislaman dan keagamaan; d) adanya supervisi serta controlling yang dilakukan madrasah kepada guru guna memastikan pengimplementasian kurikulum telah berjalan sesuai dengan tujuan yang ada. 3) Evaluasi kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan terdiri dari: a) Evaluasi Input yang meliputi waktu pelaksanaan evaluasi dimana dalam pelaksanaan evaluasi di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan terbagi menjadi tiga yaitu evaluasi mingguan, semester, dan tahunan; b) Evaluasi Proses yang meliputi: pembahasan evaluasi yang berkaitan dengan kesiapan dan kesesuaian perangkat pembelajaran serta proses pembelajaran yang berlangsung, evaluasi ini dilaksanakan pada saat proses pelaksanaan kurikukulum c) Evaluasi Output yang meliputi: perbaikan kurikulum kedepannya yang mana di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, evaluasi ini dilaksanakan pada akhir tahun pembelajaran guna membahas kekurangan dan kelemahan kurikulum yang digunakan yang dapat diperbaiki pada tahun depan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan, MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2022 01:49
Last Modified: 30 May 2022 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item