Nailufaz, Wifda Untsa (2022) Implementasi Nilai Karakter Aswaja Melalui Kurikulum Berbasis Muatan Lokal Keagamaan di MA NU Miftahul Falah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (132kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (193kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (105kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (350kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menggali data tentang karakteristik kurikulum berbasis muatan lokal keagamaan di MA NU Miftahul Falah Kudus; (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai karakter aswaja melalui kurikulum berbasis muatan lokal keagamaan di MA NU Miftahul Falah Kudus; (3) Untuk mengetahui model pendidikan karakter aswaja berbasis muatan lokal di MA NU Miftahul Falah Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yakni studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 14 yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru dari rumpun mata pelajaran muatan lokal keagamaan, dan peserta didik MA NU Miftahul Falah Kudus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yakni MA NU Miftahul Falah Kudus. Adapun uji kebasahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu penelitian, triangulasi sumber, teknik, waktu, dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik kurikulum berbasis muatan lokal keagamaan di MA NU Miftahul Falah Kudus adalah khas pesantren sehingga struktur mata pelajaran dalam kurikulum muatan lokal keagamaan adalah mata pelajaran salaf seperti fiqih salaf, tasawwuf, tauhid, qawaid, hadits, ilmu tafsir, tafsir, nahwu, balaghoh, mantiq, aswaja, mutholaah, mustholah hadit, ushul fiqih. 2) Proses penerapan nilai karakter aswaja melalui kurikulum berbasis muatan lokal keagamaan di MA NU Miftahul Falah adalah dengan kegiatan formal yaitu adanya mata pelajaran yang memiliki korelasi dengan nilai karakter aswaja yang kemudian dituangkan dalam proses pembelajaran sehingga terjadi dialog atau ruang diskusi antara pendidik dan peserta didik. Temuan di lapangan , mata pelajaran tersebut adalah aswaja, ushul fiqih, kemudian qawaidul fiqhiyyah,dan ke-NU-an yang mana nilai karakter aswaja yang diterapkan adalah nilai tahaddhur, nilai tasamuh, nilai musawah, dan nilai i’tidal yang bisa diamati dengan menggunakan model pembelajaran problem-based learning. 3) Model pendidikan karakter aswaja berbasis muatan lokal di MA NU Miftahul Falah Kudus adalah dengan menggunakan model pendidikan teintegrasi yakni model pendidikan yang memadukan nilai-nilai karakter pada kompetensi-kompetensi mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai Karakter Aswaja, Kurikulum Berbasis Muatan Lokal Keagamaan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:07 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:07 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7205 |
Actions (login required)
View Item |