Waluyo, Mohammad Joko (2022) Aplikasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication And Technology) Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs. Maslakul Falah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (659kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (178kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (312kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (145kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
Abstract
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah :1) Untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran ICT di Madrasah Tsanawiyah NU Maslakul Falah Glagahwaru; 2) Untuk mengetahui peranan media pembelajaran ICT dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada masa pandemi covid-19 di MTs Maslakul Falah; 3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambar penerapan media pembelajaran ICT di Madrasah Tsanawiyah NU Maslakul Falah Glagahwaru. Penelitian ini termasuk Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang tergolong dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu metode yang mempelajari fenomena dalam lingkungannya yang alamiah. Oleh karena itu, obyek penelitiannya adalah obyek dilapangan. Sumber data Primer diperoleh melalui Peserta didik, guru dan wali murid. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pelaksanaan pembelajaran berbasis ICT atau menggunakan multimedia di Madrasah Tsanawiyah NU Maslakul Falah Glagahwaru sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan persiapan yang direncanakan, dilaksanakan, kemudian dievaluasi oleh seorang guru mata pelajaran, membuat siswa lebih antusias dan tertarik mengikuti kegiatan belajar, 2) Media pembelajaran berbasis ICT sangat berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Maslakul Falah Glagahwaru, hal ini dikarenakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis ICT membuat siswa lebih antusias dan tertarik mengikuti kegiatan belajar, siswa lebih terfokus dan terarah dalam mengerjakan tugas dan senang menyelesaikan tugas berupa video maupun mengerjakan langsung dari whatsapp group, 3) proses pelaksanaan penerapan media pembelajaran ICT di Madrasah Tsanawiyah NU Maslakul Falah Glagahwaru secara umum baik, akan tetapi masih juga terdapat adanya kekurangan dan kelebihan yang meliputi sarana dan prasarana, siswa, guru dan madrasah serta steakholder lainnya. Untuk mengatasi kekurangan proses pembelajaran berbasis ICT diharapkan adanya dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah pusat maupun daerah, akademisi, pengamat pendidikan serta masyarakat umum sehingga proses pembelajararn berbasis ICT kedepannya lebih baik, efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ICT, Motivasi, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7217 |
Actions (login required)
View Item |