Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Kudus

Chotimah, Ervina Chusnul (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (581kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, produk dan lokasi terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri KC Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian lapangan (field research) karena data-data yang dikumpulkan berasal dari lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang menggambarkan keadaan suatu variabel tertentu, untuk mengetahui pengaruh antar variabel penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan kepada 70 responden yaitu para nasabah yang telah merasakan atau menerima pelayanan dari bank, menggunakan produk yang ditawarkan serta menilai lokasi bank. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa pertimbangan tertentu atau simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS Ver 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam uji parsial seluruh variabel bebas yaitu kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2) dan lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan nilai thitung > ttabel serta nilai signifikansi > 0,05. Kualitas pelayanan (X1) memiliki thitung sebesar 2,892 > 1,997 dengan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05, kualitas produk (X2) memiliki thitung sebesar 2,004 > 1,997 dengan nilai signifikan sebesar 0,025 < 0,05 dan lokasi (X3) memiliki thitung sebesar 2,551 > 1,997 dengan nilai signifikan sebesar 0,013 < 0,05. Di sisi lain, hasil uji simultan dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikat dengan Fhitung > Ftabel, yakni 22,029 > 2,74 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Semakin tinggi kualitas yang diberikan bank atas pelayanan, produk dan lokasi, maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah yang akan didapat oleh bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Lokasi, Kepuasan Nasabah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:37
Last Modified: 14 Jun 2022 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7223

Actions (login required)

View Item View Item