Gumilang, Aisyah Ratna (2022) Implementasi Model Picture And Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Di MI Tarbiyatul Athfal Bulumanis Lor Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (361kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (430kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (572kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (450kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I di MI Tarbiyatul Athfal Bulumanis Lor Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2020 / 2021. (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan model picture and picture kelas I di MI Tarbiyatul Athfal Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilakukan wawancara kepada kepala madrasah, wali kelas I, dan siswa kelas I. Kemudian analisis data digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Implementasi model picture and picture dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I di MI Tarbiyatul Athfal Bulumanis Lor Margoyoso Pati meliputi tiga tahap yaitu 1) Tahap persiapan dan perencanaan yaitu guru mempersiapkan RPP, materi ajar, dan sumber belajar. 2) Tahap pelaksanaan yaitu guru menggunakan model picture and picture sebagai media pembelajaran dikelas. Pada pelaksanaannya, guru menampilkan gambar dipapan tulis. Siswa disuruh maju didepan kelas untuk mencoba mengurutkan gambar. Kemudian guru membacakan urutan kalimat yang betul sesuai pada gambar. Siswa mencari tulisan pada gambar yang sesuai dengan diucapkan guru. Siswa membaca tulisan pada gambar. Kemudian siswa memasangkan gambar dan mengurutkan gambar dipapan tulis hingga selesai dan menjadi urutan yang betul. Setelah itu guru meminta siswa untuk kembali membaca ulang serta memahami tulisan pada gambar. 3) Tahap evaluasi yaitu guru memberikan penilaian terhadap hasil siswa selama proses pembelajaran pada aspek keterampilan, aspek pengetahuan dan aspek sikap. Kedua, Faktor penghambat dan faktor pendudukung dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dengan model picture and picture kelas 1 di MI Tarbiyatul Athfal Bulumanis Lor Margoyoso Pati yaitu: a). Faktor pendukung yaitu komunikasi yang baik anatar guru dan siswa, adanya biaya, pemilihan materi yang tepat, sarana dan prasarana mendukung, motivasi siswa dan dorongan guru, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. b). Faktor penghambat yaitu minat belajar sebagian rendah, kurangnya motivasi siswa, IQ nya siswa rendah, kurangnya fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model picture and picture, keterampilan, membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7342 |
Actions (login required)
View Item |