Rahmawati, Anisa Tri (2022) Perbandingan Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (659kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (471kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (228kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
Abstract
Tujuan studi ini ialah: (1) Untuk mengetahui perihal kemampuan representasi matematis siswa yang memakai model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition), (2) Untuk mengetaui perihal kemampuan representasi matematis siswa yang memakai model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education), (3) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Tipe penelitian yang dipakai dalam studi ini ialah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif memakai desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam studi ini, yakni semua siswa kelas VIII MTs Islamiyah Blingoh yang berjumlah 79 siswa. Pemilihan sampel memakai teknik Purposive Sampling dengan jumlah 63 yang memuat 32 siswa pada kelas eksperimen I dan 31 siswa pada kelas Eksperimen II. Penghimpunan data memakai tes kemampuan representasi matematis bentuk uraian. Pada uji prasyarat penelitian lewat uji normalitas dan homogenitas, di lain sisi uji hipotesis memakai uji t test. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa: (1) Ada peningkatan kemampuan representasi matematis yang memakai model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition). Hal ini bisa dilihat dari skor rerata siswa senilai 44,75. pada pretest kelas eksperimen I (AIR) lalu menjadi 76,35 pada skor posttest.(2) Ada peningkatan kemampuan representasi yang memakai model pembelajaran RME (Realistics Mathematics Education), yang dilihat dari skor rerata pretest kelas eksperimen II senilai 39,66 dan naik menjadi 79,68 pada posttest. (3) Tidak ada perbedaan efektikvitas model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) pada kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji hipotesis yang mengindikasikan bahwa skor sig. (2-tailed) =0,294 >α (0,05). Artinya kemampuan representasi metematis siswa yang memakai model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) sama dengan kemampuan representasi yang matematis siswa yang dengan model pembelajaran RME (Realistics Mathematics Education)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditory Intellectually Repetition, Realistic Mathematics Education, Representasi Matematis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 03:02 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 03:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7372 |
Actions (login required)
View Item |