Efektivitas Implementasi Metode Questions Student Have Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs N 2 Kudus

Maulida, Liya Iklima (2022) Efektivitas Implementasi Metode Questions Student Have Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs N 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (516kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Tujuan dari penelitianiini adalah (1) untukimengetahui implementasi metode questions student have dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 2 Kudus, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikirikritis pesertaadidik setelah menggunakan metode questions student have pada mata pelajarannakidah akhlak kelas VIII di MTs N 2 Kudus, (3) untukkmengetahui efektivitas implementasi metode questions student have dalam meningkatkan kemampuannberpikir kritis peserta didikkpada mata pelajaranaakidah akhlak kelas VIII di MTs N 2 Kudus. Jenis penelitiannini adalah true eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metodeppengumpulan data berupasobservasi, tes, dan dokumentasi yang didapati dari responden yang terpaut dengan penelitian, dan menganalisis data dengan uji validasi, ujiireliabilitas, ujinnormalitas, ujighomogenitas, uji_t, dan uji N-Gain score. Hasil penelitiannini adalahi (1) penerapan metode questions student have dapat menciptakannsuasana belajarryang menyenangkan dan peserta didik terlihat lebih cakap dapat meningkatkanmkemampuan berpikirkkritis peserta didik. (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik bisa dilihat pada hasil nilai uji t dikelas eksperimen dan kelasskontrol yang diperoleh nilai sig. (Sig. 2-tailed) yaitu 0,000 dan thitung lebihhbesar dari ttabel yaitu 5,531 > 2,001 maka Ho ditolakkdan Hadditerima yang iartinya ada pengaruh dan perbedaan yang signifikansterhadap peningkatan kemampuannberpikir kritis siswa antarkelas eksperimen dengan kelas kontrol. (3) efektivitas implementasi metode questions student have dalam meningkatkan,kemampuan berpikir kritis padanmata pelajaran, akidah akhlak kelas VIII dapat ditunjukkan dengan hasil uji N-Gain score yaitu nilai rerata kelas eksperimen sebanyak 61,09% yang tergolong dikategori cukup efektif. Sedangkan nilai rerata kelas kontrol sebanyak 41% dikategori kurang efektif. Dengan simpulan bahwa penerapan metode questions student have lebiheefektif dalam meningkatkannkemampuan berpikir kritissidibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Questions Student Have, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:42
Last Modified: 04 Oct 2022 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7405

Actions (login required)

View Item View Item