Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Muhammadiyah Undaan Kudus

Inayah, Khusnul (2022) Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Muhammadiyah Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pejaran Fiqih kelas Vdi MI Muhammadiyah Undaan Kudus. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dalam implementasi model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MI MuhammadiyahUndaan Kudus. (3) Untuk menjelaskan faktor penghambat dan faktor pendukung pada pembelajaran fiqih dalam menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di MI Muhammadiyah Undaan Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyediakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai dengan data primer yaitu kepala madrasah, guru pegampu mata pelajaran fiqih kelas V, siswa kelas V A, dan V B. Data sekunder berupa RPP, foto saat proses pembelajaran model Numbered Head Together pada kelas V, gambaran umum MI Muhammadiyah Undaan Kudus seperti sejarah berdirinya madrasah, profil madrasah, letak geografis visi misi dan tujuan madrasah. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa (1) implementasi model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pejaran Fiqih kelas Vdi MI Muhammadiyah Undaan Kudus berjalan sesuai tujuan dapat di lihat saat proses pembelajaran. (2) Aktivitas belajar siswa menjadi lebih meningkat dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT), dapat dilihat dengan hal ini dapat dilihat dengan cara belajar siswa, pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 yang menggunakan metode yang berbeda. Dapat dilihat aktivitas siswa saat pembelajaran tidak hanya menulisa dan mendengarkan tetapi siswa aktif bertanya, menjawab pertanyaan, saling bekerja sama antara kelompok, dan saling membantu teman yangbelum paham materi. Hasil belajar juga meningkat setelah dilakukan evaluasi dengan menggunakan model NHT. (3) Faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), faktor pendukung terdiri faktor internal seperti kemampuan guru, minat siswa, sarana dan prasarana. Faktor eksternal seperti faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat keterbatasan waktu, suasana yang kurang kondusif dan perangkat pembelajaran yang minim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Aktivitas Belajar, dan Fiqih
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:15
Last Modified: 11 Oct 2022 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7477

Actions (login required)

View Item View Item