Cahyaningrum, Indah (2022) Pengembangan Bahasa Anak Usia 3-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (218kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (789kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (352kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (831kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
Abstract
Pengembangan aspek bahasa anak mulai umur 3-5 tahun sangat penting, karena aspek bahasa anak usia dini nantinya menjadi bekal alat untuk berkomunikasi dan interaksi dengan orang-orang di sekitar mereka. Agar perkembangan bahasa anak dapat meningkat, maka banyak lembaga, guru dan orang tua yang menggunakan media gambar seri untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak. Namun terkadang guru maupun orang tua belum menggunakan media gambar seri tersebut dengan maksimal, dengan teknik yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media gambar seri pada anak usia 3-5 tahun di sebuah Kelompok Bermain, dan mengkaji pengembangan bahasa anak usia 3-5 tahun melalui media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Naratif dengan pendekatan Kualitatif. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah sumber data primer berupa transkrip wawancara dengan Kepala KB, Wali Kelas, 1 Guru Kelas, dan 1 Wali Murid. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, jurnal, dokumen profil lembaga, dan RPPH yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari partisipan yang terkait dengan penelitian dan analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan bahasa anak usia 3-5 tahun melalui media gambar seri di KB meliputi 3 tahap yaitu a) tahap pelaksanaan pembelajaran dengan menyiapkan tempat berbentuk “U” agar semua bisa melihat guru, kemudian guru menyapa, dan bernyanyi untuk membuat suasana riang dan menaikkan motivasi anak untuk mendengarkan cerita, b) tahap pelaksanaan, guru bercerita dengan sesekali bertanya pada anak tentang topik yang sedang diceritakan dikaitkan dengan pengalaman keseharian mereka di rumah, c) tahap tindak lanjut, guru meminta anak untuk mewarnai gambar tanaman sesuai dengan RPPH, menempel gambar kambing, kelinci, dan kucing, dan menulis dengan melengkapi kalimat hewan-hewan yang ada di gambar, serta menebalkan tulisan. 2. Dalam pengembangan bahasa anak usia 3-5 tahun melalui media gambar seri, terdapat decontextualizedyaitu perluasan metode bercerita menggunakan media gambar seri dengan mengajukan beberapa pertanyaan lain dan memancing respon anak berkaitan dengan hobi mereka, minat mereka sehingga aspek pengembangan bahasa menggunakan media gambar seri tersebut meliputi kegiatan berbicara, menulis, dan bercerita
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini, Media Gambar Seri |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 01:56 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 01:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7560 |
Actions (login required)
View Item |