Strategi Kepemimpinan Lembaga PERKASA Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Agama Berbasis Nilai Islam Melayu Patani (Studi Kasus Sekolah Melayu TADIKA Di Patani Selatan Thailand)

Ainham, Taye (2022) Strategi Kepemimpinan Lembaga PERKASA Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Agama Berbasis Nilai Islam Melayu Patani (Studi Kasus Sekolah Melayu TADIKA Di Patani Selatan Thailand). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (583kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (413kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang bagaimana Konsep, langkah-langkah strategi kepemimpinan Lembaga Perkasa dalam Peningkatan profesionalisme guru agama Berbasis Nilai Islam Melayu Patani di Sekolah Melayu TADIKA, dan bagaiman kendala yang dihadapi dalam Peningkatan professionalisme guru agama berbasis nilai Islam Melayu Patani pendidikan di Sekolah Melayu TADIKA. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dengan mengunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi Yaitu pemeriksaan kembali terhadap data yang sudah didapatkan sebelumnya dengan teknik atau sumber yang berbeda dari sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Konsep strategi kepemimpinan Lembaga PERKASA dalam peningkatan professionalisme guru berbasis nilai islam melayu dari lembaga PERKASA ialah mengadakan a. program-program pembinaan nilai-nilai guru yang islami, b. mengadakan pelatihan dalam merencanakan pembalajaran dalam memenuhi standar kependidikan agama Islam, c. memberi pelatihan materi keprofesionalisme guru, d. pelatihan tulisan jawi(Istilah di Indonesia Arab pegon) dalam menerapkan nilai-nilai islam Melayu Patani. Adapun tujuan dalam kepemimpinan lembaga PERKASA a. Menjaga asas-asas keislaman melayu Patani dalam pendidikan Islam, b. megembangkan pendidikan, dan meningkatkan keprofesionalisme guru-guru di Sekolah Melayu TADIKA. 2. Langkah-langkah Strategi Kepemimpinan Lembaga PERKASA dalam Peningkatan Kompetensi Professional Guru Berbasis Nilai Islam Melayu yaitu; a. Memberi pahaman Tugas dan fungsi seorang guru agama berbasis nilai-nilai Islam Melayu Patani, b. Memberi Pahaman Kurikulum pendidikan PERKASA yang berdasarkan nilai keislaman, c. Mengajarkan kepada guru cara perencanaan dalam pembelajaran, d. Mengadakan kegiatan pegembanggan kurikulum Pendidikan Islam, e. Meneliti kebutuhan dalam masyarakat Patani. 3. Kendala Strategi Kepemimpinan Lembaga PERKASA dalam Peningkatan Kompetensi Professional Guru Berbasis Nilai Islam Melayu ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi, di antaranya; internal; a. Sarana dan prasarana dalam mengembangkan kompetensi guru, b. Guru Tadika tidak begitu mendayagunakan media pembelajaran. Sedangkan Kendala eksternal yang utama dalam mengembangkan kompetensi guru adalah tidak di dukung oleh Pemerintah, dan Keuangan dalam mengelola kegiatan pembinaan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepemimpinan, Profesionalisme, Guru Agama.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:18
Last Modified: 14 Nov 2022 06:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7680

Actions (login required)

View Item View Item