Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Islam Di Smpn 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/ 2021

Rifal, Hery Kusuma (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Islam Di Smpn 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (654kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DATAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Moderasi Islam di SMPN 1 Undaan Kudus dan untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penghambat dan pendukung dalam Moderasi Islam di SMP N 1 Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Descriptive Research yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, aktual, faktual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Dengan pendekatan kualitatif dengan sumber data nari narasumber, peristiwa, lokasi dan dokumen. Metode yang digunakan untuk proses pengumpulan penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur penelitian dimulai dari pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisi data dan tahap penyusunan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan moderasi Islam antaralain: a) Peraturan yang telah diterapkan PERMENDIKBUD agar menghargai keberagamaan, b) Menerapkan 3S yaitu senyum salam dan sapa, memberikan kebebasan kepada guru dan pendidik dalam menjalankan agamanya masing-masing, tidak memaksa untuk masuk agama Islam, c) Peserta didik Islam maupun non Islam di berikan kegiatan ekstra sekolah seperti pramuka, silat, rebana, Osis dll, d) Pengarahan guru PAI dalam membiasakan pembelajaran dengan berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing dan diakhiri dengan hamdalah untuk peserta didik Islam, e) Pengarahan guru PAI dalam menyesuaikan peserta didik non Islam agar mendapatkan ilmu dengan adil dan sama, f) Pemberian saran dan contoh sikap terpuji bagi peserta didik. Adanya faktor penghambat adalah : a) Kurangnya dukungan dari orang tua, b) Timbulnya keyakinan minimalis peserta didik, c) Perbedaan pemikiran, d) Kemampuan emosional yang berbeda, e) Tidak adanya pembelajaran tersendiri bagi keagaamaan masing-masing saat di sekolah, f) Keterbatasan waktu saat pembelajaran, g) Tidak adanya peraturan sekolah mengenai toleransi. Faktor pendukung antara lain: a) Pemahaman atas Bhineka Tunggal Ika dan pancasila, b) Kebijakan pemerintah, c) Kebijakan sekolah yang menekankan toleransi, d) Adanya dorongan bagi tenaga pendidik untuk bertoleransi, e) Kepedulian peserta didik akan toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidik, Moderasi Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:20
Last Modified: 09 Dec 2022 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7817

Actions (login required)

View Item View Item