Strategi Pembelajaran Guru IPS Terhadap Siswa Slow Learner di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Tahun Pelajaran 2021/2022

Majid, Ahmad Ari Syaiful (2022) Strategi Pembelajaran Guru IPS Terhadap Siswa Slow Learner di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor penyebab siswa slow learner (lamban) di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) Strategi pembelajaran Guru IPS terhadap siswa slow learner (lamban) di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Keberhasilan strategi pembelajaran Guru IPS dalam mengatasi siswa slow learner (lamban) di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti menjadi instrument utama dalam pelaksanaan penelitian. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan Guru Mata Pelajaran IPS, Wali kelas VII, dan siswa slow learner (lamban), serta observasi pembelajaran di kelas. Peneliti mengungkap secara fakta apa yang terjadi di Sekolah dan hasil wawancara dari narasumber-narasumber yang ada. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, menunjukkan bahwa terdapat keberhasilan strategi pembelajaran guru IPS terhadap siswa slow learner (lamban) yaitu: (1) Faktor penyebab siswa slow learner di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana (a) Faktor dari internal yang meliputi: kurangnya perhatian orang tua. (b) Faktor dari eksternal yang meliputi: strategi pembelajaran yang kurang tepat, dan ligkungan pergaulan yang negatif. (2) Strategi pembelajaran guru IPS terhadap siswa slow learner di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana diantaranya (a) Mengulang atau mereview materi sebelumnya untuk memancing siswa agar fokus mengingat materi pembelajaran, setelah itu baru mengkaitkan dengan materi selanjutnya. (b) Penggunaan bahasa dalam mengajar harus jelas dan sederhana. (c) Jika ingin memberi tugas kepada siswa slow learner, harus menganalisis tugas tersebut agar sesuai dengan pemahaman siswa slow learner. (d) Ketika penyampaian materi berlangsung guru sering-sering mengulang materi pelajaran, bertujuan agar mendapat hasil yang lebih optimal. (e) Pembelajaran yang dilakukan bersifat kooperatif, dikarenakan siswa slow learner tidak suka kompetitif. (f) Memberikan pemahaman konsep dari pada menghafal konsep, karena menghafal butuh waktu lama bisa membuat siswa slow learner putus asa. (g) Menggunakan beberapa pendekatan dalam pembelajaran berguna untuk motivasi belajar. (h) Memakai desain pembelajaran yang menempatkan siswa dalam konteks pembelajaran yang “tidak pernah gagal” untuk menghindari perasaan tidak berdaya.(3) Keberhasilan Strategi Pembelajaran Guru IPS Terhadap Siswa Slow Learner di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana dapat diketahui dari perubahan peningkatan nilai serta tingkah laku siswa slow learner menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Guru IPS, Siswa Slow Learner
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:00
Last Modified: 13 Dec 2022 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item View Item