Handayani, Putri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Di MTs Nu Ibtidaul Falah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (708kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (563kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (734kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (559kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (335kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
Abstract
Kebijakan pemerintah tentang sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online merupakan salah satu penyebab menurunnya hasil belajar peserta didik. Pembelajaran online lebih sering membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh sehingga membuat mereka kurang ketika memperhatikan materi pembelajaran. Video dapat menjdai media yang alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena berisi gambar dan animasi yang sangat menarik sehingga tidak membosankan ketika pembelajarn berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dan mengetahui respon peserta didik dalam penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pre-experimental design. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis random sampling yang menghasilkan kelas VIII-D MTs Nu Ibtidaul Falah dengan jumlah sampel sebanyak 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil pelajar peserta didik dengan menggunakan video pembelajaran. Hal tersebut diperoleh dari uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% dan α = 0,05 didapatkan hasil Thitung sebesar 2,583 dan Ttabel 1,684 (Thitung > Ttabel) atau nilai sig.2-tailed < α (0,00 < 0,05) maka hipotesis berbunyi Ho ditolak dan Ha diterima, dan juga terlihat pada perbedaan nilai N-gain yaitu rata-rata nilai pretest sebesar 46,21, sedangkan rata-rata nilai postest adalah 77,56, sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan dimasa pandemi covid-19. Respon peserta didik dalam melaksanakan pembelajarn online tersebut didapatkan hasil rata-rata persentase berkategori sangat baik diperoleh nilai sebesar 89%, baik 75%, kurang 54%, sangat kurang 35%, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat tertarik terhadap penggunaan video pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil analisis persentase tertinggi yakni sebesar 89% dengan kategori respon sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Online, Video Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:08 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8188 |
Actions (login required)
View Item |