Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning Kelas V Di MI NU Al-Falah Dawe Kudus

Shaidah, Siti (2022) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning Kelas V Di MI NU Al-Falah Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (340kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (918kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Matematika siswa melalui model penerapan model pembelajaran Brain based learning kelas V di MI NU Al-Falah Rejosari Dawe Kudus. Penelitian ini mengambil lokasi di MI NU Al-Falah Rejosari Dawe Kudus. Siswa yang menjadi subjek Penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 40 siswa dimana dibagi menjadi dua kelas, yaitu 20 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Objek Penelitian ini adalah penerapan model Brain based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu peneliti melakukan tes awal dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan yang dialami siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa masih memiliki hasil belajar yang rendah, terdapat 16 dari 20 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata kelas 62,25 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 20 %. Selannjutnya pada pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model Brain based learning , tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 55% atau terdapat 11 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan rata-rata kelas 72,75%. Hal tersebut belum mencapai kepuasan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu dikalukan siklus II pada kelas eksperimen dengan jumlah 20 siswa melalui penerapan model Brain based learning, sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan skor rata-rata kelas 84,75 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa atau 85% dari 20 siswa. Berdasarkan hasil Penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Brain based learning di MI NU Al-Falah Rejosari Dawe Kudus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning (BBL), hasil belajar matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:05
Last Modified: 03 Feb 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8290

Actions (login required)

View Item View Item