Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Raudlatut Tholibin Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Safalas, Rosit (2022) Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Raudlatut Tholibin Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (816kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pendekatan deskriptif kualitatif, yang mencoba menganalisa tiga gaya belajar menurut tokoh Bobby de Potter yakni visual, auditori, dan kinestetik di MTs NU Raudlatut Tholibin berkaitan perilaku peserta yang masih kurang menerapkan akhlakul karimah dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode-metode deskriptif kualitatif, sebuah pendekatan dengan pengumpulan data dari berbagai sumber data dengan cara observasi secara langsung yang dilakukan di MTs NU Raudlatut Tholibin serta mewawancarai berbagai pihak yang ada di MTs NU Raudlatut Tholibin sebagai penerapan pembelajaran akhlakul karimah dalam mata pelajaran akidah akhlak. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dan 1 guru mata pelajaran yang teridiri dari 2 siswa laki-laki, 3 siswa perempuan, dan 1 guru laki-laki pengampu mata pelajaran kaidah akhlak. Data dikumpulkan dengan teknik indept interview semi terstruktur, observasi campuran antara observasi partisipatori, observasi non-partisipatori, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisa dengan teknik deskriptif analitis penelitian ini berhasil memperoleh temuan, yaitu: 1) Gaya Belajar yang dimiliki siswa kelas VIII A di MTs NU Raudlatut Thilibin adalah 17 siswa Memiliki gaya belajar visual, 7 siswa memiliki gaya belajar auditori, dan 7 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. 2) Metode yang digunakan untuk pembelajaran 3 gaya belajar tersebut adalah untuk gaya belajar visual yakni : belajar dengan menggunkan papan tulis dan LCD, belajar dengan meringkas materi, dan belajar dengan menggunakan vidio. Gaya belajar auditori yakni: belajar kelompok dan belajar dengan mendengarkan musik. Gaya belajar auditori yakni: belajar dengan menggunakan bahasa tubuh, membaca dan menghafal sambil berjalan, dan mengembangkan gaya belajar kinestetik dengan cara mengamati lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Visual, Auditori. Kinestetik, Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Feb 2023 03:41
Last Modified: 06 Feb 2023 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8330

Actions (login required)

View Item View Item