Anwar, Choirul (2022) Implementasi Pembelajaran IPS Daring Kelas IX Di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (231kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (325kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (562kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2021/2022, Penelitian ini dilakukan ketika peneliti melihat pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 kurang maksimal, mulai dari ketidaksiapan sekolah dalam kegiatan pembelajaran secara online atau daring. Adapun Rumusan Masalah penelitian ini ialah Bagaimana Implementasi Pembelajaran IPS Daring pada Kelas IX di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?, Bagaimana Kendala pelaksanaan pembelajaran IPS Daring pada Kelas IX di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?. Bagaimana Strategi mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran IPS Daring pada Kelas IX di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022, Bagaimana Ketercapaian pada pelaksanaan pembelajaran IPS Daring pada Kelas IX di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022?. Penelitian ini, berjenis penelitian field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, dengan subjek penelitian ada 6 informan atau narasumber, yaitu pendidik Kelas 9 yang mengajar mata pelajaran IPS di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, Kepala madrasah MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus, dan 2 peserta didik MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Hasil penelitian ini, menunjukkan pelaksanaan Pembelajaran IPS di MTs Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus pada masa Pandemi covid-19 dilaksanakan secara daring atau online yang diikuti oleh semua peserta didik mulai dari kelas VII, VIII dan IX. Dalam Pelaksanaannya, Pembelajaran IPS Daring terlebih dahulu mempersiapkan komponen-komponen pembelajaran mulai dari Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran, Media Pembelajaran, Startegi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Sumber Belajar dan Evaluasi Pembelajaran untuk Pembelajaran IPS Daring. Kendala pembelajaran IPS selama pembelajaran daring atau online dialami oleh pendidik dan peserta didik mulai dari kendala sinyal, besarnya kuota, jaringan internet yang tidak lancar dan kurang kosentrasi dalam pembelajaran. Strategi yang dapat dilkukan pihak sekolah dan pemerintah berupaya agar pembelajaran daring dapat berjalan secara efektif, seperti pemberian bantuan berupa dana kepada peserta didik dan pendidik yang terdampak covid-19 dari pemerintah, pemberian bantuan berupa kuota internet belajar kepada peserta didik dan guru. Ketercapaian Tujuan dalam pembelajaran dapat berjalan efektif apabila terdapat sikap dan kemauan dalam diri peserta didik untuk belajar, kesiapan diri peserta didik dan pendidik dalam kegiatan pembelajaran, serta mutu dari materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, IPS, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:28 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8356 |
Actions (login required)
View Item |