Urgensi Sejarah Lokal Desa Singocandi Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS Di SMP 4 Kudus

Muntahana, Isna Hikmatul (2022) Urgensi Sejarah Lokal Desa Singocandi Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS Di SMP 4 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (394kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan memperoleh data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif guna mendeskripsikan data tentang Urgensi Sejarah Lokal Desa Singocandi Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS Di SMP 4 Kudus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah SMP 4 Kudus, Waka Kurikulum SMP 4 Kudus, guru IPS di SMP 4 Kudus, dan peserta didik SMP 4 Kudus. Data tentang Urgensi Sejarah Lokal Desa Singocandi Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS Di SMP 4 Kudus dikumpulkan dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangluasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apa urgensi kurikulum muatan lokal tentang sejarah desa Singocandi sebagai sumber belajar pendidikan IPS di SMP 4 Kudus. 2) Bagaimana rancangan materi pembelajaran muatan lokal tentang sejarah desa Singocandi sebagai sumber belajar pendidikan IPS di SMP 4 Kudus. Dari rumusan masalah tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kurikulum muatan lokal tentang sejarah desa penting untuk diterapkan dan disampaikan kepada peserta didik agar peserta didik paham mengenai asal usul daerahnya agar tidak hilang terkikis zaman. 2) sejarah desa dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang akan masuk pada materi KD 3.4 kelas VII IPS di bab 4 sebelum materi tentang kerajaan islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kurikulum sejarah lokal, sumber belajar IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Kebudayaan
Geografi dan sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:52
Last Modified: 13 Feb 2023 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8454

Actions (login required)

View Item View Item